Hagia Sophia

15 March 2023

Miliarder dari Jepang Ini Meninggal dalam Usia Tua, Apakah Artinya?

Masatoshi Ito meninggal dunia (Foto: AFP via Getty Images/STR)

Masatoshi Ito, miliarder Jepang yang mengubah toko ritel 7-Eleven menjadi jaringan global, meninggal dunia pada usia 98 tahun.

Kematiannya itu dikonfirmasi oleh Seven & I Holdings (SVNDF), operator 7-Eleven dalam sebuah pernyataan Senin (13/3).

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kebaikan dan persahabatan Anda selama hidupnya dan dengan hormat memberitahu Anda tentang kepergiannya," kata perusahaan tersebut, dikutip dari BBC.

Tidak ada penyakit tertentu yang secara spesifik disebutkan sebagai penyebab kematian Masatoshi. Pihak Seven juga menambahkan bahwa Ito meninggal karena usia tua pada 10 Maret kemarin. Apa maksudnya meninggal di usia tua?

Dikutip dari IFL Science, meninggal karena usia tua adalah penyebab kematian yang tidak memiliki spesifik pemicu. Secara teknis, tidak ada yang namanya meninggal karena usia tua, tetapi ini adalah istilah yang sering digunakan untuk menggeneralisasi kematian seseorang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa penyebab dan faktor.

Di Inggris, meninggal karena 'usia tua' digunakan bersamaan dengan istilah kelemahan. Menggambarkan penyebab kematian dengan cara ini adalah sesuatu yang memiliki sejarah panjang. Bahkan, pada abad ke-19, deskripsi ini digunakan untuk menyebut orang yang meninggal mendadak.

Seiring bertambahnya usia seseorang, terdapat beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi, misalnya sistem kekebalan tubuh yang menurun dan tak mampu melawan virus, bakteri, atau patogen lainnya. Karenanya, beberapa penyakit yang mungkin hanya memicu gejala ringan pada orang yang lebih muda, bisa memicu kematian pada orang yang lebih tua.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyebab Masatoshi Ito Meninggal Adalah 'Usia Tua', Apa Artinya?"