Hagia Sophia

06 May 2023

Fokus Liverpool: Amankan Posisi Saat Ini

Juergen Klopp sudah menyerah kejar empat besar. (Foto: AP/Tim Goode)

Liverpool sudah menerima kenyataan finis empat besar Liga Inggris sangat sulit. Fokus 'Si Merah' sudah bukan ke zona Liga Champions lagi.

Liverpool saat ini menempati posisi lima dengan 59 poin dari 34 laga. Mereka tertinggal empat poin dari Manchester United di urutan keempat, yang baru bermain 33 kali.

Meski baru merangkai lima kemenangan beruntun, Liverpool sadar mengejar MU dengan hanya empat laga tersisa sulit diwujudkan. Apalagi dengan fakta bahwa 'Setan Merah' bisa memperlebar jarak menjadi tujuh poin jika memenangi satu laga simpanannya.

Maka tiket Liga Champions sudah dilupakan oleh Liverpool. Saat ini perhatian mereka adalah mengamankan posisi saat ini dari kejaran tim-tim di belakang, seperti Brighton & Hove Albion, Tottenham Hotspur, dan Aston Villa.

"Tim-tim lain di posisi yang jauh lebih baik, selama mereka menang, kami tak punya peluang. Kami harus menahan tim-tim yang di belakang kami," ujar Manajer Liverpool Juergen Klopp dikutip BBC.

"Kalau Brighton memenangi semua pertandingannya dan melihat bagaimana mereka bermain kemarin, itu memungkinkan, karena performanya luar biasa, sangat bagus."

"Kami punya 59 poin dan United punya 63, jadi kami maksimal bisa mendapatkan 71 poin. United butuh delapan poin dari lima laga, dari total 15 poin. Saya rasa mereka akan mencapainya," imbuhnya.

Klopp melihat tim-tim seperti Newcastle United dan Manchester United tampil stabil, sehingga sulit membayangkan mereka kolaps di akhir musim.

"Dengan cara mereka bermain musim ini, tim-tim empat besar, sepertinya tak satupun akan lebih banyak kalahnya daripada menangnya. Buat kami, rencananya adalah finis setinggi mungkin, yang berarti untuk sekarang di posisi lima, tapi itu tak cuma-cuma."

"Posisi enam juga tak bisa didapatkan cuma-cuma. Aston Villa, Tottenham, Brentford, semua mengejar itu dan begitu pula kami," imbuh pria Jerman itu.






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Fokus Liverpool Bukan Lagi Empat Besar, tapi..."