Hagia Sophia

06 May 2023

Haaland Pecahkan Rekor dengan 35 Gol Dalam Semusim

Erling Haaland mencetak 35 gol di Premier League sejauh ini (Foto: Manchester City FC via Getty Ima/Tom Flathers)

Erling Haaland mematahkan rekor di Premier League dengan mencetak 35 gol dalam semusim. Berikut ini rincian angka-angka di balik rekor Haaland.

Haaland menyumbang satu gol saat Manchester City menang 3-0 atas West Ham United dalam lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB. Itu jadi gol ke-35 Haaland di Premier League musim ini.

Angka tersebut jadi rekor. Haaland kini tercatat sebagai pemain dengan gol terbanyak dalam satu musim Premier League, melewati torehan 34 gol milik Andy Cole pada 1993/1994 dan Alan Shearer pada 1994/1995.

Haaland mencetak 35 gol hanya dalam 31 kali penampilan di Premier League (1,13 gol per pertandingan). Sementara Shearer dan Cole masing-masing mencapai rekornya dulu dalam 42 dan 40 pernampilan.

Dari mana saja Haaland mencetak gol-golnya? Menurut statistik yang dilansir AS, kaki kiri menjadi senjata mematikan Haaland.

Striker asal Norwegia itu mencetak 23 gol dengan kaki kirinya, tujuh di antaranya penalti. Sementara dengan kaki kanannya, Haaland mencetak enam gol dan enam gol lainnya lewat sundulan.

Haaland sejauh ini sudah tampil 2.502 menit di Premier League, yang berarti dia mencetak gol setiap 71,5 menit. Jika ditambah dengan tujuh assist-nya, Haaland berarti terlibat dalam gol setiap 59,6 menit.

Haaland mencetak gol dalam 22 pertandingan dari 31 kali penampilan di Premier League musim ini. Tiga puluh lima gol Haaland berasal dari 108 tembakan, 56 di antaranya on target.

Haaland mencetak empat hat trick dalam perjalanannya mencapai rekor gol di Premier League. Dia mencetak dua gol dalam satu pertandingan (brace) sebanyak lima kali dan mencetak satu gol sebanyak 13 kali.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Rekor Gol Erling Haaland di Premier League dalam Angka"