Hagia Sophia

10 July 2023

Air Laut Jepang Terkontaminasi Limbah Nuklir, China Batasi Impor Makanan dari Jepang

Foto: iStock

China bakal mempertahankan larangan impor makanan dari sekitar seperlima prefektur Jepang untuk alasan keamanan. Pihak bea cukai China pada Jumat (7/7/2023) melaporkan, pelarangan tersebut disebabkan oleh langkah Jepang untuk membuang air yang terkontaminasi nuklir ke laut.

Mengacu pada penyataan dari pihak bea cukai, sebagai pembeli terbesar ekspor makanan laut Jepang, China akan meninjau secara ketat dokumen makanan. Terutama, berkenaan dengan produk akuatik dari Jepang.

Bea Cukai China mengatakan akan terus memperkuat deteksi dan pemantauan zat radioaktif untuk memastikan keamanan makanan yang diimpor dari Jepang, sembari melarang impor makanan dari 10 prefektur.

Langkah tersebut bertujuan mencegah ekspor makanan Jepang yang terkontaminasi radioaktif ke China dan melindungi keamanan pangan impor konsumen China.

Selama berminggu-minggu, China secara terbuka menyuarakan penentangan yang kuat terhadap langkah Jepang untuk membuang air radioaktif yang diolah dari pembangkit nuklir Fukushima yang lumpuh ke laut.

Badan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional pada pekan ini memberikan Jepang lampu hijau untuk mengeluarkan lebih dari satu juta metrik ton air, yang digunakan untuk mendinginkan batang bahan bakar pabrik setelah rusak akibat tsunami pada 2011.

Bea Cukai China mengatakan laporan itu tidak sepenuhnya mencerminkan pandangan semua ahli yang terlibat dalam proses penilaian. Simpulannya pun tidak didukung dengan suara bulat oleh para ahli.

Sempat Bikin Warga Korsel Panic Buying Garam

Sebelumnya, muncul laporan warga Korea Selatan 'panic buying' memborong stok garam di toko-toko karena Jepang bersiap membuang air olahan radioaktif dari pembangkit listrik Fukushima ke laut.

Namun pihak Tokyo berulang kali menegaskan, air limbah yang dibuang aman dan telah disaring untuk menghilangkan sebagian besar isotop meskipun masih mengandung jejak tritium. Tritium adalah isotop hidrogen yang sulit dipisahkan dari air.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "China Larang Impor Makanan gegara Jepang Buang Air Terkontaminasi Nuklir ke Laut"