Hagia Sophia

10 July 2023

Berbagai Mitos dan Fakta Tentang Hamil Anak Laki-laki

Ilutrasi ciri-ciri hamil anak laki-laki. Foto: Dok. Shutterstock

Saat sedang hamil, biasanya baik ibu, ayah ataupun orang-orang di sekitar yang menebak-nebak jenis kelamin bayi yang dikandung. Ada yang mengaitkan jenis kelamin dengan ciri-ciri sang ibu saat hamil.

Padahal, klaim tersebut belum tentu benar adanya. Yuk ketahui beberapa mitos dan fakta mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki.

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki: Mitos dan Fakta

Banyak orang yang mempercayai bahwa jenis kelamin bayi dapat diketahui dengan melihat bentuk perut ibu, kondisi kulit dan rambut hingga nafsu makannya. Namun, apakah itu benar? Simak penjelasan mengenai mitos dan fakta ciri-ciri hamil anak laki-laki berikut ini:

1. Bentuk Perut Menonjol ke Bawah
Menurut webMd, mitos yang beredar tentang ciri-ciri hamil anak laki-laki adalah perut yang menonjol ke bawah atau ke depan. Sementara, jika hamil anak perempuan perut melebar.

Faktanya, bentuk perut dipengaruhi dengan bentuk dan berat badan yang dimiliki selama kehamilan. Jenis kelami bayi tidak menentukan bentuk perut.

2. Detak Jantung Janin lebih Lambat
Beredar kabar bahwa jika jantung bayi berdetak lebih lambat dari 140 denyut per menit, maka menandakan bahwa jenis kelaminnya laki-laki. Sebaliknya, jika jantung bayi berdetak lebih cepat dari 140 denyut per menit berarti jenis kelaminnya perempuan.

Menurut studi pada tahun 2006, tak ada perbedaan detak jantung bagi bayi yang berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan selama trimester pertama. Namun, memang pada saat sebelum persalinan, jantung bayi perempuan berdetak lebih cepat dari laki-laki.

3. Ibu Hamil Suka Makanan Asin
Selanjutnya, ciri-ciri hamil anak laki-laki adalah sang ibu lebih menyukai makanan asin atau asam. Sedangkan, jika ibu suka makan makanan manis, berarti dia sedang mengandung bayi perempuan.

Pada kenyataannya, bayi dalam perut tidak akan mempengaruhi sang ibu untuk makan makanan manis seperti permen. Jika ibu ingin makan makanan manis, mungkin itu karena hormon yang meningkatkan indra penciumannya.

4. Tidak Mengalami Morning Sickness
Banyak orang mempercayai bahwa, ibu yang hamil anak laki-laki tidak mengalami morning sickness. Sementara, ibu yang hamil anak perempuan akan mengalami morning sickness sepanjang hari.

Mitos ini kemungkinan ada benarnya. Sebab, menurut sebuah studi, wanita dengan morning sickness parah lebih mungkin melahirkan anak perempuan. Hal ini karena, kadar hormon kehamilan hCG yang memicu morning sickness cenderung lebih tinggi pada ibu yang sedang mengandung anak perempuan.

Akan tetapi perlu diketahui, siapapun yang hamil bisa mengalami mual di pagi hari termasuk bagi ibu yang mengandung anak laki-laki. Jadi mual bisa dialami oleh ibu yang hamil bayi laki-laki ataupun perempuan.

5. Kulit Ibu Hamil Bersih dan Bercahaya
Mengutip Parents, mitos yang beredar saat mengandung anak laki-laki adalah kulit ibu yang bersih dan bercahaya. Apakah itu benar adanya?

Menurut seorang Obgyn di Calla Women's Health di New York, Kameelah Philips, mungkin saat hamil seorang wanita memiliki kulit yang bersih, tapi hal ini tidak bisa menjadi patokan bagi jenis kelamin bayi yang dikandung. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan aliran dan volume darah yang terjadi pada setiap kehamilan.

6. Urin yang Berwarna Keruh
Menurut mitos yang beredar, warna urin ibu hamil juga mempengaruhi jenis kelamin bayi yang dikandung. Jika ibu hamil anak laki-laki maka warna urinnya keruh, sementara jika hamil anak perempuan maka warna urinnya kuning cerah.

Faktanya, warna, bau dan volume urin akan berubah-ubah sepanjang hari. Tidak ada hubungannya warna urin dengan jenis kelamin bayi. Kemungkinan besar, warna urin dipengaruhi oleh faktor asupan cairan, adanya infeksi dan penggunaan vitamin.

7. Kaki Ibu Hamil Selalu Dingin
Selanjutnya, ada yang mengatakan bahwa ibu yang mengandung anak laki-laki kakinya selalu dingin. Padahal ini bukan menjadi faktornya.

Perubahan suhu kemungkinan disebabkan oleh fluktuasi hormonal yang normal. Banyak orang hamil yang mengeluhkan suhu dingin dan panas yang dirasakan. Hal ini tidak menentukan jenis kelamin bayi.

8. Perubahan Suasana Hati
Menurut mitos, jika ibu mengandung anak laki-laki maka tidak akan mengalami perubahan suasana hati yang begitu drastis. Sementara, jika ibu mengandung anak perempuan akan mengalami perubahan suasana hati.

Mengutip Haibunda, pada faktanya, suasana hati saat hamil disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh. Jenis kelamin bayi tidak menentukan perubahan suasana hati ibu hamil.

9. Ukuran Payudara
Ada yang mengatakan bahwa jika ibu hamil memiliki payudara kanan yang lebih besar, maka dia sedang hamil anak laki-laki. Apakah ini benar?

Pada faktanya, saat hamil akan terjadi perubahan hormon yang akan meningkatkan aliran darah. Hal ini menyebabkan pada payudara sehingga membuatnya terlihat lebih besar.

10. Nafsu Makan yang Besar
Jika seorang ibu hamil merasa selalu hamil, maka itu pertanda bahwa dia sedang hamil anak laki-laki. Menurut Mama Natural, kabar ini sebenarnya masuk akal.

Menurut studi pada 244 wanita hamil, ibu yang mengandung anak-laki-laki memiliki asupan kalori harian 10 persen lebih tinggi dari pada yang mengandung anak perempuan. Ibu yang mengandung anak laki-laki juga memiliki asupan protein, karbohidrat, lemak hewani dan nabati lebih tinggi.

11. Rambut Panjang dan Berkilau
Ibu yang hamil bayi laki-laki akan memiliki rambut panjang dan berkilau. Apakah ini tanda yang benar?

Pada faktanya, perubahan hormon yang membuat perubahan pada rambut. Berbagai nutrisi seperti seng, biotin dan vitamin B menjadi pusat nutrisi untuk kesehatan rambut dan kuku. Jadi, bukan jenis kelamin bayi yang membuat rambut panjang dan berkilau.

Itulah 11 mitos dan fakta mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki. Jika ingin mengetahui jenis kelamin, kamu bisa melakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) dengan doktermu ya. Semoga informasi ini bermanfaat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki: Mitos dan Fakta"