Hagia Sophia

10 July 2023

Kondisi Terkini Korban Ledakan Septic Tank Kamar Kos, Diduga Merokok Saat BAB

Lokasi ledakan di sebuah kos di Wajo. (Foto: Antara)

Sebuah kejadian nahas dialami oleh seorang pria berinisial SY (26) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. SY dilarikan ke rumah sakit seusai terjadi ledakan di kamar kosnya. Ledakan tersebut terjadi ketika ia sedang buang air besar (BAB) di kamar mandi sambil merokok.

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) bersama Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sulawesi Selatan lantas melakukan pemeriksaan di kamar kos tersebut. Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rochma mengatakan bahwa ada dugaan ledakan itu terjadi karena gas yang ada di dalam kos tersebut.

Unsur gas yang ditemukan disebut-sebut mirip dengan unsur gas yang umumnya ditemukan dalam septic tank.

"Berdasarkan hasil olah TKP bahwa penyebab ledakan tersebut adalah unsur gas yang mirip yang ada di septic tank," kata Fatchur dalam keterangan tertulis dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (9/7/2023).

AKBP Fatchur mengatakan bahwa korban menyalakan korek api untuk merokok ketika ingin buang air besar. Api yang dinyalakan oleh korban diduga memicu ledakan dari gas yang ada dari dalam septic tank.

"Korban menyalakan korek api dengan maksud untuk merokok sambil BAB sehingga untuk sementara dugaan Puslabfor Polda Sulsel itu yang memicu ledakan," tambahnya.

Akibat dari ledakan tersebut, korban SY harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Kondisi Terkini Korban Ledakan Septic Tank

Ledakan yang terjadi membuat SY mengalami luka bakar hingga 40 persen. AKBP Fatchur mengatakan bahwa SY saat ini korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan intensif.

"Ada korban luka bakar sekitar 30-40 persen lah. Dia pas mau buang air besar nabakar ki rokoknya. Sementara mau merokok itu. Memang di sekitaran situ bau gas," ucap AKBP Fatchur kepada detikSulsel, Minggu (9/7/2023).

"Saat ini korban tengah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit Hikmah Sengkang Kabupaten Wajo," sambungnya lagi.

Terkait penyebab ledakan yang terjadi di kamar kos SY, AKBP Fatchur mengatakan bahwa pihak kepolisian masih akan menunggu hasil penyelidikan laboratorium.

"Kamis masih menunggu hasil yang lebih pasti dari Puslabfor Polda Sulsel terkait peristiwa tersebut," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Korban Ledakan Septic Tank Kamar Kos, Diduga gegara Merokok saat BAB"