Hagia Sophia

01 August 2023

Enam Anak Tewas Usai Minum Obat Sirup Naturcold, BPOM: Tidak Beredar di Indonesia

Ilustrasi anak meninggal. (Foto: iStock)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) memastikan tidak ada obat sirup Naturcold di Indonesia. Produk tersebut mengandung cemaran dietilen glikol melebihi ambang batas aman menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga diduga berkaitan dengan kematian enam anak balita di Kamerun.

"Berdasarkan penelusuran BPOM, produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia dan hingga saat ini, produk dari produsen Fraken International, United Kingdom tidak ada yang terdaftar di BPOM," jelas BPOM dalam keterangan resminya, Senin (31/7/2023).

Pihaknya disebut akan melakukan pengawasan secara intensif pada obat yang beredar, termasuk yang tersebar dalam penjualan marketplace atau daring. Dalam penelusuran di lapak online, tidak pula ditemukan Naturcold, obat sirup tercemar DEG.

"BPOM akan terus memantau perkembangan isu produk sirop obat terkontaminasi DEG/substandar yang teridentifikasi di Kamerun, Afrika, serta melakukan update informasi terkait penggunaan produk sirup obat melalui komunikasi dengan WHO dan badan otoritas obat negara lain," terang dia.

Sejauh ini, BPOM RI telah melakukan verifikasi dan pengujian mutu terkait bahan baku obat sirup. Dilakukan pula revisi peraturan masuknya obat ke wilayah Indonesia, dengan memperhatikan kriteria, tata laksana registrasi obat, cara pembuatan obat yang baik dan distribusinya.

"BPOM mengimbau masyarakat agar tetap waspada serta selalu ingat Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau menggunakan obat. Jika masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi apoteker, dokter, maupun tenaga kesehatan lainnya," pesan BPOM RI.

"BPOM juga mengimbau masyarakat untuk selalu membeli dan memperoleh obat di sarana resmi, yaitu apotek, toko obat berizin, atau fasilitas pelayanan kesehatan. Jika ingin membeli obat secara online, pastikan obat diperoleh melalui apotek yang telah memiliki izin Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan," pungkas BPOM.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kamerun Catat 6 Anak Tewas usai Minum Obat Naturcold, BPOM Pastikan RI Aman!"