Hagia Sophia

01 August 2023

Selain Membuat Kenyang, Beberapa Menu Sarapan Ini Bisa Buat Umur Panjang

Ilustrasi sarapan sehat. (Foto: iStock)

Sudah jadi rahasia umum kalau sarapan adalah waktu makan paling penting yang bisa memberikan energi untuk beraktivitas. Tapi dengan mengonsumsi menu yang tepat, Anda bisa merubah sarapan menjadi tiket untuk memiliki umur yang panjang.

Misalnya, bahan makanan nabati dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah dari serangan penyakit dan peradangan. Kedua hal tersebut merupakan gejala yang kerap terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

"Ketika memikirkan tentang makanan untuk memperpanjang umur, ada beberapa area penting yang harus dipertimbangkan. Misalnya, yang mengurangi peradangan dan oksidatif stress, menjaga kadar gula darah sepanjang hari, menyeimbangkan asam lemak, dan memberikan protein yang memadai," ujar ahli nutrisi Sean Allt, dikutip dari Eatthis, Minggu (30/7/2023).

Berikut rekomendasi makanan untuk sarapan yang bisa memperpanjang umur.

1. Oats
Oats adalah salah satu makanan yang paling ideal untuk dijadikan menu sarapan. Ini karena oats mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna lambung, sehingga membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, sarapan oats juga bisa membantu menjaga kadar gula dan insulin dalam darah. Studi yang dilakukan National Institutes of Health pada 2011 menemukan orang-orang yang mengonsumsi gandum utuh seperti oats, memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

2. Biji Chia
Butuh topping yang tak kalah sehat untuk menambah khasiat oats? Biji chia bisa jadi salah satu opsinya. Selain cocok dengan oats, biji chia juga bisa dijadikan topping untuk yoghurt dan makanan lainnya.

Lantas, kenapa biji chia bisa membantu memperpanjang umur? Selain mengandung serat, biji chia juga kaya akan antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas sendiri kerap diasosiasikan dengan faktor risiko kanker.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau selalu menjadi makanan wajib dari menu sarapan yang sempurna. Sayuran hijau seperti bayam, kubis, brokoli, dan lain-lain diklaim dapat menurunkan risiko penyakit seperti stroke, kanker, dan serangan jantung.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Studi yang dilakukan pada 2018 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi satu porsi bayam setiap hari memiliki risiko penurunan fungsi kongnitif yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi.

4. Buah Beri
Mungkin Anda pernah mendengar khasiat buah beri sebagai sumber antioksidan yang dapat mencegah peradangan serta gejala penuaan. Selain itu buah beri mengandung polifeno yang diasosiasikan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Bahkan, studi pada 2013 mengungkapkan orang yang mengonsumsi buah beri beberapa kali dalam sehari memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah.

5. Kacang-kacangan
Almond, pistachio, walnut, cashew, macademia, dan pecan adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang tak hanya lezat, tapi juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Ini terbukti lewat studi yang dilakukan pada 2013, di mana peneliti menemukan orang yang mengonsumsi satu ons kacang-kacangan setiap hari memiliki risiko kematian 20 persen lebih rendah.

Ini karena kacang-kacangan dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, yang mana sering menjadi pemicu penyakit seperti diabetes dan kardiovaskular.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan untuk Sarapan Ini Bisa Bikin Panjang Umur"