Hagia Sophia

01 August 2023

Perpanjang Kontrak dengan Adidas, MU Dapat Dana Rp 17,4 Triliun

MU sudah kembali memakai Adidas sejak 2015. Foto: USA TODAY Sports via Reuters Con/Vincent Carchietta

Manchester United memperpanjang kontraknya dengan Adidas hingga 2035. Kucuran dana yang diberikan apparel asal Jerman itu pun bertambah dibanding kontrak sebelumnya.

MU kembali bekerja sama dengan Adidas sejak 2015, setelah sempat 'bercerai' selama 23 tahun. Pada saat itu, mereka mendapat kontrak senilai 750 juta Pound untuk 10 tahun.

BBC melaporkan, pada kontrak baru yang berlaku selama 10 tahun, MU akan menerima 900 juta Pound dari Adidas atau sekitar 17,4 triliun Rupiah. Itu berarti ada kenaikan 20 persen.

Meski begitu, Adidas tetap memberikan sejumlah syarat bagi MU. Adidas akan memangkas kucuran dana sebesar 30 persen per tahun jika MU gagal lolos ke Liga Champions selama dua tahun beruntun.

"Hubungan antara MU dan Adidas merupakan salah satu yang ikonis di dunia olahraga," ujar Chief Executive MU, Richard Arnold.

"Berakar di 1980-an, kerja sama kami telah diperbarui selama satu dekade terakhir dengan sejumlah desain dan teknologi paling inovatif dalam pakaian olahraga."

Kerja sama MU dan Adidas pertama kali terjadi pada 1980-1992. Setelahnya, mereka memakai apparel Umbro selama 10 tahun dan Nike selama 13 tahun sebelum kembali ke Adidas.

























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "MU Perpanjang Kontrak dengan Adidas, Dapat Kucuran Dana Rp 17,4 T"