Hagia Sophia

01 August 2023

Beberapa Makanan Ini Bisa Jadi Penurun Tekanan Darah Tinggi

Foto: Getty Images/Morsa Images

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti masalah jantung dan stroke. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Jika seseorang mengalami hipertensi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar diberikan perawatan. Karena hipertensi dapat menyebabkan pecah pembuluh darah dan menjadi faktor risiko terjadinya stroke hemorgik.

Dengan demikian, bagi seseorang yang memiliki riwayat hipertensi, sangat penting untuk mulai mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat sejak saat ini. Dikutip dari Healthline, berikut makanan yang memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah:

1. Kiwi
Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C, serat, kalium dan magnesium yang dapat mengontrol tekanan darah manusia. Selain itu kiwi mengandung senyawa polifenol dan antioksidan. Maka dari itu, peneliti percaya bahwa buah kiwi memiliki peran penting untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Herbal dan Rempah-rempah
Beberapa rempah-rempah dan herbal memiliki senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan membantu merelaksasikan pembuluh darah. Herbal dan rempah-rempah yang berperan penting untuk membantu menurunkan tekanan darah yaitu bawang putih, serai, jahe, kayu manis, biji seledri, jintan dan gingseng.

3. Kentang
Bagi seseorang yang ingin mengubah pola makan, dapat menggunakan kentang sebagai pengganti karbohidrat pada nasi. Kentang memiliki beberapa senyawa berbasis tanaman yang mampu mengontrol tingkat tekanan darah seseorang. Kentang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dipanggang atau di kukus.

4. Telur
Telur adalah makanan yang mudah kita temui dimana pun. Selain kaya akan nutrisi, telah dibuktikan bahwa telur dapat menjadi makanan seimbang yang dapat mengontrol tekanan darah seseorang.

Studi tahun 2023 yang melibatkan 2.349 orang dewasa di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lima telur atau lebih per minggu, memiliki tingkat SBP 2,5 mm Hg lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi kurang dari satu telur per minggu.

5. Wortel
Selain rasanya yang enak, wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu perawatan pada mata seseorang. Wortel juga memiliki senyawa berbasis tanaman yang tinggi, yakni berperan dalam mengontrol tekanan darah.

Seseorang yang mengonsumsi jus wortel murni setiap harinya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Setiap 100 gram wortel, kemungkinan dapat mengurangi tekanan darah tinggi sebesar 10 persen.

6. Yoghurt
Kalium dan kalsium yang terkandung pada yoghurt memiliki peran penting untuk mengatur tekanan darah. Seseorang yang memiliki riwayat hipertensi dapat mengonsumsi yoghurt sebanyak 5 hingga 6 kali dalam seminggu. Konsumsilah yoghurt dalam keadaan plain ataupun dapat dicampur dengan buah-buahan, granola dan oat.

7. Minyak Zaitun
Bagi seseorang yang mengidap hipertensi dan ingin mengubah pola makan, dapat dimulai dengan mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun. Lantaran, minyak dari buah zaitun ini memiliki manfaat yaitu menurunkan tekanan darah dan mencegah faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

8. Buah Beri
Buah beri memberikan keuntungan bagi kesehatan, salah satunya adalah mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin, merupakan pigmen yang memberikan warna cerah pada buah beri.

Anthocyanin dapat meningkatkan tingkat oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul yang membatasi aliran darah, sehingga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

9. Ikan Berlemak
Olahan ikan berlemak, seperti salmon mengandung omega-3, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu juga, lemak omega-3 memiliki peran yang cukup penting untuk menurunkan peradangan dan membantu menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, salmon dapat menjadi pilihan lauk yang tepat bagi seseorang yang mengidap hipertensi.

10. Brokoli
Sayur brokoli dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dalam memelihara kesehatan sistem peredaran darah manusia. Dengan menambahkan brokoli ke dalam porsi diet seorang pengidap hipertensi, sudah mejadi pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli mengandung antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan tingkat oksida nitrat dalam tubuh seseorang.

11. Tomat
Tomat mengandung nutrisi, seperti kalium dan pigmen karotenoid lycopene. Yakni lycopene memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi dapat membantu mengurangi faktor risiko terkenanya penyakit jantung dan hipertensi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Pengidap Hipertensi, Mudah Dijumpai di Dapur"