Hagia Sophia

01 August 2023

Ini Beberapa Manfaat Telur Rebus yang Tidak Disangka-sangka

Manfaat makan telur rebus. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Banyak yang mengonsumsi telur dengan beragam olahan, termasuk direbus. Ternyata telur rebus memang terbukti paling sehat untuk disantap, alih-alih digoreng.

Selain enak, mengenyangkan, dan baik untuk kesehatan, susu mengandung nilai biologis tertinggi dalam protein. Satu butir telur hanya mengandung sekitar 72 kalori, tetapi memiliki 6 gram protein berkualitas tinggi, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh, bersama dengan zat besi, vitamin, mineral, dan karotenoid.

Telur juga merupakan pusat nutrisi penangkal penyakit seperti lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

1. Pangkas BB
Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Mereka akan membuat dirimu lebih kenyang tanpa memakan terlalu banyak kalori, ini tentu efektif saat kalian sedang menjalani diet atau ingin menurunkan berat badan.

2. Kekuatan Tulang
Protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan tulang, juga bermanfaat bagi gigi, bahkan pertumbuhan umum bayi selama kehamilan.

3. Bye-bye Kolesterol
Putih telur rebus lebih sehat daripada beberapa bentuk lainnya. Setelah mendidih, keluarkan kuning telurnya untuk menikmati camilan rendah kolesterol.

4. Sumber kolin
Kolin penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel, telur rebus adalah sumber utamanya dalam makanan AS. Perkembangan otak dan ingatan dapat ditingkatkan dengan kandungan kolin telur.

5. Menjaga Mata
Lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata seseorang.

Nutrisi Telur Rebus per Porsi

Satu telur rebus besar (satu porsi) mengandung:
  • Kalori: 72
  • Lemak Total: 5 gram
  • Lemak jenuh: 1,6 gram
  • Kolesterol: 206 miligram
  • Natrium: 65 mg
  • Karbohidrat: 0,5 gram
  • Gula: 0,1 gram
  • Protein: 6 gram
Telur rebus juga merupakan sumber vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi.

Cara Membuat Telur Rebus

Menyiapkan telur rebus sangat simpel kok. Biarkan saja telur, cangkang, dan semuanya, dalam air mendidih sampai bagian dalamnya matang. Semakin lama direbus, telur tentu semakin matang. Sebenarnya hanya butuh waktu sekitar 10 hingga 12 menit untuk merebus telur sepenuhnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Telur Rebus yang Tak Disangka-sangka, Termasuk 'Pangkas' Kolesterol"