Hagia Sophia

22 November 2023

Kisah Wanita yang Harus Bolak-balik Masuk ICU Akibat Obesitas

Viral kisa diet. (Foto: SS TikTok Viral @enggarclezthari)

Viral kisah seorang wanita di Karanganyar, Jawa Tengah, membagikan kisahnya yang harus bolak-balik masuk ICU karena obesitas. Bahkan beberapa kali ia kritis hingga untuk bernapas pun harus dibantu peralatan medis karena berat badannya itu.

"Titi waktu aku BB 112 Kg aku pernah hampir mati kritis 3x di ruang ICU," tutur akun @enggarclezthari dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Kepada detikcom, wanita bernama Enggar Sri Lestari (29) ini baru memiliki niat menurunkan berat badan setelah dilarikan ke rumah sakit dan dirawat berhari-hari karena obesitas. Saat dibawa ke ICU, dia mengaku fungsi organnya sudah rusak karena berat badan berlebih.

"Jadi susah napas, sudah pasrah waktu itu," kata Enggar, Senin (20/11/2023).

Akibat berat badannya yang saat itu mencapai 112 kg juga mengakibatkan dirinya sulit untuk hamil setelah dua kali mengalami keguguran. Bahkan Enggar Sri Lestari yang kerap disapa Enggar ini, disarankan untuk menurunkan BB lebih dulu oleh dokter kandungan nya.

"Terus ke dokter kandungan juga udan sempat program hamil, semua dokter nyuruh untuk ngurusin badan dulu baru program," kata Enggar.

Kondisi tubuhnya yang sering sakit-sakitan karena berat badan membuatnya bertekad untuk diet. Awalnya, ia tetap mengonsumsi nasi dan es teh namun porsi makan dikurangi.

"Mulai lah mengurangi gorengan, mengurangi nasi tapi masih makan nasi, masih minum es teh cuma dikurang-kurangi porsinya," katanya.

Tetapi usaha tersebut ternyata dirasa kurang efektif, pasalnya selama 8 bulan berat badannya saat itu masih di angka 100 kg. Bahkan ketika bobot tubuhnya mulai sedikit berkurang, karena faktor stres dan kesulitan tidur BB nya kembali naik 5 kg.

Enggar mengatakan berat badannya juga sempat stuck dan tak bisa turun. Setelah itu dia memutuskan untuk diet nasi putih.

"Nah setelah itu dari 105 kg ke 99 kg, aku kok males makan nasi terus makan roti kok malah jadi turun. Jadi tak coba 3 bulan ini, malah banyak banget turunnya," jelas Enggar.

"Jadi dari Agustus 2022 sampai saat ini, kira-kira sudah turun 23 kg," imbuhnya.

Enggar terus mencoba berbagai program diet yang sekiranya cocok untuknya dan dengan menghindari nasi cara ini dirasa efektif menurunkan BB nya. Selain menghindari nasi dan membatasi konsumsi es teh, seminggu terakhir ini ia tengah mencoba cara diet dengan menghindari konsumsi tepung, gula, dan minyak.

"Nah itu BB saya tadi pagi nimbang sudah 85,10 kg dari 88,40 kg, itu baru dari hari selasa ke sekarang. Sudah lumayan banyak, kalau dihitung sudah 25 kg dihitung sampai hari ini," ungkapnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Curhat Wanita Bolak-balik Masuk ICU, Sempat Kritis karena Obesitas"