Hagia Sophia

23 January 2024

Ini Syarat dan Prosedur Cangkok Ginjal, Tidak Semudah yang Dibayangkan

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb

Transplantasi ginjal merupakan prosedur bedah untuk mengganti ginjal yang mengalami kerusakan. Prosedur ini dinilai menjadi langkah paling efektif untuk meningkatkan harapan hidup pasien gagal ginjal stadium akhir.

Ada banyak persiapan yang harus pasien dan donor lakukan dalam menjalani prosedur transplantasi ginjal. Apa saja ya persyaratan yang diperlukan untuk menjalani prosedur tersebut?

Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSUP Fatmawati dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, KGH mengungkapkan salah satu syarat yang saat ini diterapkan adalah pasien harus membawa donornya sendiri. Ia menuturkan bahwa donor yang diutamakan adalah dari pihak keluarga.

"Kami tentu akan mengutamakan mereka yang related atau emotionally related untuk RS Fatmawati ini. Donor dan resipien akan berkonsultasi terlebih dulu dengan tim kami konsultan ginjal hipertensi," ucap dr Yasmine ketika ditemui di Jakarta Selatan, Senin (22/1/2024).

"Jika donor berasal dari keluarga, risiko penolakan dari dalam tubuh juga akan lebih rendah," sambungnya.

Setelah melakukan konsultasi tahap awal, calon pasangan donor dan pasien akan menjalani wawancara dengan tim hukum dan advokasi rumah sakit. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan keduanya tidak ada masalah medikolegal.

Setelah rekomendasi dari tim hukum dan advokasi rumah sakit selesai, pemeriksaan lebih mendalam oleh tim dokter spesialis pada pasien dan donor dilakukan. Pemeriksaan dilakukan tim dokter untuk memastikan kedua belah pihak memiliki kesiapan menjalani prosedur.

"Barulah kami dari tim medis akan melakukan pemeriksaan lebih dalam mengenai apakah donor ada penyakit yang menjadi kontraindikasi, atau menjadi pemberat? Terus diperiksa juga bagaimana struktur dan fungsi ginjalnya," jelas dr Yasmine.

Selain itu, pemeriksaan kecocokan jaringan antara donor dan penerima juga dilakukan. Setelah semuanya terlaksana, tim medis dari seluruh disiplin ilmu akan melakukan pembahasan terakhir terkait apakah donor dan pasien siap menjalani prosedur transplantasi ginjal.

Proses persiapan yang diperlukan sebelum menjalani transplantasi ginjal dapat memakan waktu dua hingga empat bulan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan pasien dan juga donor setelah prosedur nantinya selesai.

"Selain masalah struktur dan fungsi ginjal, kecocokan organ, kami juga melakukan vaksinasi pre-transplant untuk mencegah terjadinya infeksi pada resipien," tandasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Sesimpel yang Dibayangkan, Begini Syarat dan Prosedur Cangkok Ginjal"