Hagia Sophia

23 January 2024

RS Fatmawati Lakukan Transplantasi Ginjal Pertama ke Pasien Umur 20 Tahun

Cangkok ginjal perdana di RS Fatmawati (Foto: Khadijah Nur Azizah/ detikHealth)

Operasi transplantasi ginjal perdana dilakukan di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan pada Senin (22/1/2024). Dalam prosedur tersebut, transplantasi ginjal dilakukan dari ibu ke anaknya.

Spesialis nefrologi dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, KGH-FINASIM yang terlibat dalam operasi tersebut menjelaskan bahwa donor dalam prosedur tersebut adalah ibu berumur 41 tahun yang mendonorkan ginjalnya kepada anak perempuannya berusia 20 tahun.

"Pasien mengalami gagal ginjal sejak Oktober 2023 akibat penyakit glomerulonefritiskronik atau peradangan ginjal akibat autoimun," kata dr Yasmine dalam temu media di RSUP Fatmawati, Senin (21/1/2024).

Sebelum menjalani operasi, keduanya telah melakukan berbagai tahapan pemeriksaan termasuk skrining oleh dokter konsultan ginjal hipertensi, wawancara dari tim hukum dan advokasi dan pemeriksaan penunjang lainnya.

dr Yasmine menekankan bahwa pasangan calon resipien dan pendonor terlebih dahulu diarahkan ke tim hukum setelah skrining awal agar tidak ada masalah terkait etik dan legalitas.

"Sejauh ini di RSUP Fatmawati pemilihan donor harus dibawa sendiri oleh resipien, kami mengutamakan yang emotionally related. Donor dan respiennya akan berkonsultasi dulu karena kita sudah memiliki klinik transplantasi organ," beber dr Yasmine.

Operasi transplantasi ginjal ini dilakukan oleh spesialis urologi RSUP Fatmawati bekerja sama dengan dokter spesialis urologi konsultasi dari RS Cipto Mangunkusumo. Total ada 19 dokter yang terlibat dalam operasi tersebut dan 11 perawat.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RSUP Fatmawati Perdana Transplantasi Ginjal Pasien Umur 20, Ibu Jadi Donornya"