Hagia Sophia

23 January 2024

Anak Muda China Betah Karaoke-an Berlama-lama Demi untuk Bakar Kalori

Ilustrasi karaoke. (Foto: thinkstock)

Viral tren diet tak biasa di antara anak muda China. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam karokean untuk membakar kalori.

Dalam sebuah video yang beredar di TikTok, seorang gadis pergi ke salah satu tempat karaoke dan bernyanyi selama satu setengah jam. Setelah itu dia mengecek telah membakar lebih dari 400 kalori saat bernyanyi.

Pengguna lain menyebut berhasil membakar lebih dari 1.000 kalori setelah bernyanyi selama hampir lima jam! Satu unggahan online bahkan mencatat berapa banyak kalori yang diharapkan terbakar per lagu. My Heart Will Go On karya Celine Dion misalnya, konon bisa membakar 13,5 kalori.

Betulan ngaruh nggak sih?

Laman Live Strong menjelaskan bernyanyi meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung, dan latihan yang lebih serius memberikan manfaat aerobik, meningkatkan volume tulang rusuk, dan fungsi pernapasan.

Seperti aktivitas lainnya, kalori yang terbakar saat karaokean bergantung pada berat badan orang yang bernyanyi, serta posisi tubuh dan aktivitas terkait lainnya. Seseorang dengan berat 65 kg bisa membakar sekitar 100 kalori dengan bernyanyi selama satu jam sambil duduk, dan orang dengan berat 90 kg membakar sekitar 140 kalori.

Tentu saja ada beberapa variabel yang menentukan. Semakin berat seseorang, semakin banyak kalori yang akan dibakar. Usia dan kemampuan aerobik juga akan berperan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Tren Diet di China, Karaokean Berjam-jam Demi Bakar Kalori"