Hagia Sophia

26 February 2023

David Anak Pengurus GP Ansor Disebut Alami Diffuse Axonal Injury, Kondisi Apa Itu?

Anak GP Ansor, David disebut mengalami diffuse axonal injury imbas penganiayaan yang dilakukan anak eks pejabat pajak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/sutichak)

Kasus penganiayaan yang dilakukan oleh mario Dandy Satriyo (20) terhadap anak pengurus GP Ansor, Cristalino David Ozora (17), masih berlanjut sampai saat ini. Akibat aksi tersebut, Mario Dandy ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara itu, David selaku korban saat ini masih terbaring tak sadarkan diri. Disebut-sebut, David mengalami diffuse axonal injury. Kondisi apa sih itu?

Diffuse axonal injury (DAI) atau cedera aksonal difus merupakan jenis cedera otak traumatis (TBI). Istilah ini menggambarkan cedera yang biasanya diakibatkan oleh trauma tumpul di kepala dan memengaruhi fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa ada lebih dari 64.000 kematian terkait TBI di Amerika Serikat pada tahun 2020.

Dikutip dari Medical News Today, DAI mengacu pada robekan serabut saraf yang dikenal sebagai akson. Cedera ini biasanya terjadi akibat pergeseran otak yang cepat di dalam tengkorak, menyebabkan serabut saraf meregang dan robek.

Akson adalah bagian neuron yang panjang seperti benang yang menghantarkan impuls listrik. Serabut saraf ini bertanggung jawab untuk komunikasi antara sel-sel saraf. Dengan demikian, kerusakan akson dapat mengganggu kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan membantu mengkoordinasikan fungsi tubuh, yang dapat menyebabkan kecacatan yang parah.

DAI adalah penyebab paling umum dari koma, kecacatan, dan keadaan vegetatif persisten pada orang dengan TBI. Secara klinis, pakar kesehatan mendefinisikan DAI sebagai kehilangan kesadaran yang berlangsung selama 6 jam atau lebih setelah cedera. Ini juga dapat menyebabkan perubahan perilaku, sosial, fisik, dan kognitif pada seseorang yang mungkin bersifat sementara atau permanen.

Penyebab DAI

DAI lebih sering terjadi pada kecelakaan traumatis yang berpotensi menyebabkan otak berputar atau bergerak maju atau mundur di dalam tengkorak. Biasanya, jenis trauma ini melibatkan gerakan percepatan dan perlambatan. Jika trauma yang didapatkan cukup kuat, ini dapat merusak akson, menyebabkan interkoneksi saraf ini tidak berfungsi atau terputus dan memengaruhi banyak area otak. Adapun penyebab DAI paling umum, seperti:
  • Kecelakaan kendaraan bermotor
  • Kecelakaan terkait olahraga
  • Kekerasan
  • Jatuh yang tidak disengaja, yang lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua
  • Shaken baby syndrome






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Disebut Dialami David Anak Pengurus GP Ansor, Apa Itu Diffuse Axonal Injury?"