Hagia Sophia

26 February 2023

Tips Atasi Asam Urat tanpa Gunakan Obat

Ilustrasi asam urat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)

Asam urat merupakan hal yang perlu diwaspadai karena bisa memicu nyeri dan bikin pengidapnya sulit bergerak. Tapi tenang dulu, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi asam urat tanpa obat.

Asam urat merupakan penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan, seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi, dan daging merah. Purin merupakan senyawa dalam DNA yang dapat memicu produksi asam urat dalam darah.

Asam urat yang sudah menumpuk di persendian dapat memicu gout. Gout merupakan peradangan yang dicirikan dengan bengkak dan rasa sakit di persendian.

Penyakit asam urat umumnya terjadi pada bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, atau tangan. Dalam beberapa kasus, asam urat juga bisa menyerang tulang belakang.

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat

Asam urat dapat diatasi tanpa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dikutip dari Healthline, berikut adalah 6 cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Ceri
Cara menyembuhkan asam urat secara total bisa dicoba dengan mengkonsumsi buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah.

Pasalnya, buah ceri merupakan obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

2. Jahe
Jahe terkenal dengan khasiatnya sebagai antiinflamasi yang mengatasi peradangan. Jahe bisa dikonsumsi untuk mengatasi asam urat.

Caranya, didihkan air dan 2 sendok teh jahe, kemudian tunggu 10 menit. Air rebusan jahe ini bisa dikonsumsi tiga gelas per hari.

Selain itu, jahe juga bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Caranya dengan mengompres air rebusan jahe segar menggunakan kain lap. Kemudian, tunggu sekitar 15-30 menit.

3. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit
Campuran air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit dapat mengatasi asam urat tanpa obat. Minumlah sebanyak dua hingga tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

4. Seledri
Sama seperti jahe, seledri juga memiliki khasiat antiinflamasi. Mengonsumsi seledri jus dan biji seledri dapat mengatasi asam urat tanpa obat.

5. Teh Jelatang
Tumbuhan jelatang (nettle) telah dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat asam urat. Untuk mencobanya, bisa dibuat sebagai minuman hangat dengan merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir, serta diminum hingga 3 gelas per hari.

6. Garam Epsom
Cara terakhir untuk mengatasi asam urat tanpa obat yaitu dengan mandi garam epsom. Campurkan 1-2 gelas garam epsom ke dalam bak mandi, kemudian rendam seluruh tubuh atau hanya sendi yang mengalami peradangan.

Apabila cara mengatasi asam urat tanpa obat tidak berhasil, dianjurkan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan medis.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Bahannya Gampang Dicari di Rumah"