Hagia Sophia

26 February 2023

Terasa Sakit Saat Gejala Asam Urat Datang? Ini Penjelasannya

Benarkah kaki terasa panas tanda asam urat? (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Staras)

Apakah pernah mengalami kaki terasa panas? Kondisi tersebut kerap disebut-sebut sebagai tanda atau gejala dari asam urat. Memang seperti apa hubungannya?

Asam urat atau gout adalah salah satu radang sendi yang umum terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja dan di area sendi manapun, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, hingga tangan.

Benarkah Kaki Terasa Panas Tanda Asam Urat?

Dikutip dari Mayo Clinic, tanda atau gejala dari asam urat bisa berupa serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada satu atau lebih persendian.

Selain itu, tanda lainnya bisa berupa sensasi terbakar pada jempol kaki, kaki terasa panas. Kondisi ini membuat kaki terasa sangat sakit. Tak hanya itu, gejala asam urat pada kaki juga bisa berupa:

Gejala Asam Urat pada Jempol Kaki
Gejala asam urat pada kaki lebih cenderung mempengaruhi bagian jempol kaki. Rasa sakit yang muncul bisa secara tiba-tiba dan dengan rasa sakit yang hebat.

Gejala Asam Urat pada Pergelangan Kaki
Gejala asam urat pada kaki juga bisa terasa pada bagian pergelangan kaki. Tanda yang bisa terlihat secara kasat mata adalah perubahan pada warna kulit.

Umumnya, kulit berubah memerah dan bengkak. Ini biasa terjadi pada serangan asam urat akut. Menurut ahli reumatologi Rumah Sakit Bedah Khusus Theodore R. Fields, ini terjadi ketika asam urat menumpuk di dalam tubuh.

"Kristal urat dilepaskan ke dalam cairan sendi dan menyebabkan reaksi inflamasi, membawa banyak sel darah putih dan melepaskan bahan kimia inflamasi yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak," kata Fields yang dikutip dari Health Digest.

Selain memerah, kulit akan terasa panas dan agak lunak saat ditekan. Perubahan kulit akibat asam urat juga bisa berupa kulit yang mengelupas. Adapun beberapa gejala asam urat pada pergelangan kaki yang bisa diperhatikan, seperti:
  • Rasa sakit sering muncul pada malam hari
  • Nyeri yang muncul secara tiba-tiba
Selain gejala asam urat pada kaki, adapun beberapa gejala asam urat lain yang dikutip dari Healthline dan Creaky Joints, seperti:

Mudah Lelah
Nyeri otot akibat asam urat menyebabkan pengidapnya cepat lelah bahkan demam karena mudah terkena flu. Namun, kondisi ini sering terjadi ketika asam urat mencapai tingkat kronis.

Batu Ginjal
Selain nyeri sendi, orang dengan asam urat yang tinggi berpotensi mengembangkan penyakit batu ginjal dengan gejala khusus, seperti nyeri di punggung bagian bawah, demam, mual, muntah, urine berdarah, dan sakit perut.

Tumbuhnya Benjolan Abnormal
Benjolan yang muncul di jaringan sendi tanpa alasan tertentu disebut dengan tophi. Tophi umumnya dirasakan oleh pengidap asam urat kronis karena penumpukan kristal yang fatal. Bila kondisi ini muncul, nyeri yang dirasakan akan lebih tajam dari sebelumnya.

Jadi, jika kaki terasa panas disarankan untuk melakukan pengecekkan kesehatan ke dokter untuk memastikannya. Bisa jadi, itu tanda awal kadar asam urat kamu tinggi lho.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Kaki Terasa Panas Tanda Asam Urat? Begini Penjelasannya"