Hagia Sophia

20 April 2023

India Diperkirakan Akan Jadi Negara Terpadat di Dunia

India bakal menyalip China menjadi negara dengan populasi terpadat di dunia. (Foto: Amarjeet Kumar Singh/Getty Images/Anadolu Agency)

India diprediksi bakal menyalip China sebagai negara terpadat di dunia pada pertengahan tahun 2023. Berdasarkan perkiraan PBB pada Rabu (19/4/2023), populasi India hampir tiga juga orang lebih banyak dari China.

Berdasarkan laporan United Nations Population Fund's State of World Population (UNFPA), populasi India akan menjadi 1,4286 miliar dibandingkan pada pertengahan tahun. Sementara populasi China menjadi sekitar 1,4257 miliar.

Dikutip dari Channel News Asia, populasi di China menyusut pada tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 1960. Banyak yang mengatakan hal ini disebabkan melonjaknya biaya hidup, meningkatnya jumlah perempuan yang bekerja, dan mencari pendidikan tinggi.

Selain itu, anjloknya angka populasi di China juga diikuti dengan angka kelahiran yang menurun. Di beberapa daerah juga telah mengumumkan rencana untuk mengatasi permasalahan ini, tetapi masih belum berhasil.

Namun, sejauh ini India belum memiliki data resmi terbaru soal angka populasi di negaranya. Sebab, masih banyak yang belum melakukan sensus sejak tahun 2011.

Awalnya, sensus yang dilakukan sekali dalam satu dekade itu akan diadakan pada tahun 2021, tapi tertunda karena pandemi COVID-19. Kali ini, sensus kembali terhambat oleh rintangan logistik dan keengganan politik, membuat latihan besar-besaran tidak mungkin dimulai dalam waktu dekat.

Kritikus mengatakan pemerintah sengaja menunda sensus untuk menyembunyikan data tentang isu-isu kontroversial seperti pengangguran menjelang pemilu tahun depan.

Perekonomian India di bawah Perdana Menteri Narendra Modi sedang berjuang untuk menyediakan pekerjaan bagi jutaan anak muda yang memasuki pasar kerja setiap tahun. Saat ini, setengah dari populasi raksasa Asia itu berusia di bawah 30 tahun.

Menurut Pew Research Centre, populasi India telah bertambah lebih dari satu miliar orang sejak 1950 yakni ketika PBB mulai mengumpulkan data populasi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "India Bakal Salip China Jadi Negara Terpadat di Dunia 2023"