Hagia Sophia

20 April 2023

Ini yang Dilakukan Rasulullah SAW Sebelum Sholat Idul Fitri

Ilustrasi makan kurma sunnah sebelum sholat id Foto: iStock

Puasa di tanggal 1 Syawal hukumnya adalah haram. Oleh karenanya Rasulullah SAW selalu mencontohkan untuk makan lebih dulu sebelum melakukan sholat Idul Fitri 1 Syawal. Hal ini menjadi tanda bahwa beliau tidak berpuasa.

Dilansir dari laman NU Online, waktu untuk melaksanakan puasa Syawal yaitu enam hari berturut-turut persis setelah hari raya Idul Fitri, namun bukan berarti yaitu pada tanggal 2-7 Syawal.

Meskipun dilakukan di bulan Syawal, namun umat Islam dilarang memulai puasa pada tanggal 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri karena hukumnya haram. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits Muttafaq Alaih dari Abi Sa'id Al Khudri, yaitu "Rasulullah SAW melarang puasa di dua hari, hari (idul) Fitri dan hari Kurban."

Makan Sebelum Sholat Id

Mengutip buku Stimulant Langit Saat Idul Fitri oleh Ustadzah Dr. Nurul Hikmah, M.A, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum sholat Idul Fitri.

Makan sebelum sholat ldul Fitri dijelaskan dalam kitab Muwatta Malik yang disusun Imam Malik bin Anas. Yahya menceritakannya padaku dari Malik dari Ibnu Shihab, yang diceritakan Said Al-Musayyab, jika orang orang diperintahkan makan terlebih dulu sebelum berangkat sholat ldul Fitri. Menurut Malik, orang-orang tidak melakukan kebiasaan tersebut pada ldul Adha."

Dalam hal ini diketahui Rasulullah SAW selalu menyantap beberapa butir kurma sebelum menuju tempat sholat led.

Rasulullah SAW sendiri diceritakan lebih suka makan kurma dalam jumlah ganjil sebelum sholat ldul Fitri. Dalam hadits memang tidak dijelaskan jumlah kurma yang dimakan Rasulullah SAW.

"Rasulullah SAW tidak pernah sholat ldul Fitri sebelum makan beberapa butir kurma. Anas juga menceritakan: Rasulullah SAW biasa makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari).

Sunnah Sebelum Sholat Id

Selain makan sebelum sholat Idul Fitri, ada beberapa amalan sunnah lainnya yang juga bisa dikerjakan sebelum sholat Idul Fitri. Dikutip dari buku Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh oleh Ustaz M. Kamaluddin S.Pd.I MM, berikut amalan sebelum sholat Idul Fitri:

1. Mandi Sebelum Berangkat ke Tempat Sholat
Sebelum melakukan sholat Idul Fitri, disunahkan untuk mandi terlebih dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Majah, "Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Nawaytul wusla li'aydil adh-ha sunnatan lillahi taala

Artinya: "Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat Idul Adha sunnah karena Allah taala."

2. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian
Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengenakan pakaian terbaik dan memakai wewangian ketika hendak sholat Ied.

Disebutkan dalam riwayat Jabir bin Abdillah ra, "Rasulullah SAW mempunyai jubah sangat bagus yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Jumat." (HR. Ibnu Abdil Bar dan Ibnu Khuzaimah).

Selain itu, disebutkan pula dalam hadits riwayat Al Hakim, dari Al Hasan bin Ali ra. cucu beliau berkata: "Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Al-Hakim).

3. Memperbanyak Takbir Ketika Keluar dari Rumah Menuju Tempat Sholat Id
Diriwayatkan dalam Bukhari, Umar ra bertakbir dalam khutbahnya di Mina lalu didengar oleh orang-orang yang berada di masjid dan mereka pun mengikuti takbirnya, bahkan orang-orang yang berada di pasar pun sama-sama bertakbir sehingga bergemuruh di Mina.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa yang Dimakan Rasulullah SAW Sebelum Sholat Idul Fitri?"