Hagia Sophia

09 April 2023

Ini Pemicu Penyakit Jantung yang Membuat Menantu Wapres Meninggal Dunia

Menantu Wapres Ma'ruf Amin, Rapsel Ali. (Foto: dok. Pribadi)

Menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rapsel Ali, meninggal dunia. Dikabarkan Rapsel Ali meninggal karena sakit jantung.

Hal itu dibenarkan oleh Anggota Komisi VI DPR Fraksi PPP Achmad Baidowi atau Awiek. Awiek mendapat pesan soal kepergian Rapsel Ali.

"Betul," kata Awiek ketika dikonfirmasi, Minggu (9/4/2023).

Dikutip dari Mayo Clinic, penyakit jantung menggambarkan berbagai kondisi yang mempengaruhi jantung. Penyakit jantung meliputi:
  • Penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah
  • Detak jantung tidak teratur (aritmia), umumnya disebabkan kelainan bawaan, otot jantung yang mati, konsumsi kafein yang berlebihan atau efek samping obat tertentu
  • Masalah jantung yang dialami sejak lahir (cacat jantung bawaan)
  • Penyakit otot jantung
  • Penyakit katup jantung
Gejala penyakit jantung tergantung pada jenis penyakit jantung yang dialami. Namun faktor risiko utama penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok dan paparan asap rokok, obesitas, pola makan tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik.

Terdapat beberapa tanda dan gejala sakit jantung:
  • Sering merasa lelah atau gampang lelah: kurangnya oksigen pada tubuh, seharusnya jantung dapat memompa darah. Pada wanita, gejala ini diakibatkan oleh kinerja yang tidak baik dari pompa jantung atau terjadinya penyumbatan pada katup.
  • Ketidaknyamanan pada dada: terdapat ciri utama pada penyakit jantung, salah satunya karena gangguan pada aliran darah. Dada akan terasa seperti diremas, dicubit, nyeri yang tajam, serta seperti tertekan benda yang berat. Biasanya gejala ini akan muncul selama beberapa menit dan bisa muncul kembali saat tubuh sedang istirahat atau melakukan aktivitas fisik.
  • Jantung berdebar-debar: perubahan pada irama jantung yang cepat dan tidak biasa, kondisi ini wajar jika pengidap mengkonsumsi kafein. Namun, jika peregangan tidak bisa meredakan kondisi ini, segeralah periksa ke rumah sakit karena ini tanda penyakit jantung.
  • Pusing: hal ini karena kurangnya aliran darah ke otak akibat adanya masalah pada fungsi jantung yaitu pemompaan. Namun, jika pusing diikuti dengan sesak nafas bahkan ingin pingsan, segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.
  • Napas pendek atau susah bernafas: hal ini dapat bermasalah pada pembuluh darah, artemia, atau gagal jantung.
  • Tubuh berkeringat dingin: munculnya keringat adalah respon alami tubuh. Namun, adanya kondisi tubuh mengeluarkan keringat berlebihan menjadi salah satu tanda penyakit jantung. Apalagi, jika tubuh tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga.
  • Kulit membiru atau pucat: munculnya warna biru pada kulit menjadi tanda adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Jika tidak segera diobati, kekurangan oksigen dapat membuat kulit dan jaringan di bawahnya menjadi mati.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menantu Wapres Ma'ruf Amin Meninggal Dunia, Ini Pemicu Sakit Jantung"