Hagia Sophia

09 April 2023

Liga Inggris: Wolverhampton Taklukan Chelsea 1-0

Chelsea tersungkur di markas Wolverhampton 0-1 pada lanjutan Liga Inggris. (Foto: REUTERS/CHRIS RADBURN)

Chelsea meneruskan puasa kemenangannya di Liga Inggris. Bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers, Chelsea takluk dengan skor 0-1.

Duel Wolverhampton vs Chelsea dilangsungkan di Stadion Molineux, Sabtu (8/4/2023) malam WIB. Matheus Nunes menjadi pembeda setelah mencetak gol semata wayang di babak pertama.

Kehadiran Frank Lampard sebagai manajer interim pengganti Graham Potter belum membuahkan hasil. The Blues tampil buruk dan kesulitan menciptakan peluang meski lebih mendominasi permainan.

Dengan kekalahan ini, Chelsea berarti gagal memenangi empat pertandingan terakhirnya di Premier League. Alhasil, Chelsea tetap di peringkat 11 klasemen usai mengoleksi 39 poin, berjarak 17 poin dari Manchester United di empat besar. Di sisi lain, Wolves kian menjauh dari zona merah dengan menghuni urutan 12 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Tempo pertandingan cenderung lambat. Kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang.

Baru pada menit ke-27, sebuah peluang berbahaya dilahirkan Wolves saat sepakan Mario Lemina dari luar kotak penalti dibelokkan.

Setelah itu Wolves mengklaim penalti setelah Daniel Podence dilanggar Reece James. Namun, wasit menolak karena bendera offside sudah diangkat lebih dulu.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit ke-32. Matheus Nunes membobol gawang Chelsea untuk membuka keunggulan Wolverhampton 1-0.

Wolves merebut bola di area tengah lapangan lalu melakukan serangan balik. Sebuah umpan silang dari sisi kiri disundul Kalidou Koulibaly keluar kotak penalti. Nunes menguasai bola sebelum menuntaskannya dengan sepakan first-time voli yang tidak mampu ditahan Kepa.

Kesalahan lini belakang Chelsea nyaris dihukum Wolverhampton. Sapuan Wesley Fofana justru mengarah kepada Diego Costa, yang meneruskan dengan sepakan dari dalam kotak penalti. Kepa membuat penyelamatan bagus untuk mengamankan gawangnya.

Serangan balasan Chelsea dari situasi set-piece buntu. Tendangan bebas Enzo Fernandez menemui Joao Felix, tapi tidak mampu melepaskan tembakan usai lini pertahanan Wolves membatasi ruang geraknya.

Chelsea mengancam lagi. Kerja sama Kai Havertz dengan Joao Felix diakhiri dengan sepakan mendatar dari tepi kotak penalti. Jose Sa masih mudah mengantisipasi bola.

Usai restart, Chelsea mengklaim penalti usai Joao Gomes dianggap melakukan handball. Insiden itu diperiksa VAR, tapi tidak dianggap sebagai pelanggaran sehingga permainan dilanjutkan.

Chelsea mulai kehabisan waktu untuk menciptakan gol penyama. Wolves solid bertahan untuk menjaga keunggulannya.

Pada menit ke-85, crossing Reece James dari sayap kanan diteruskan Pierre-Emerick Aubameyang dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Terjadi kemelut di depan gawang, tapi Jose Sa sukses mengamankan bola.

Susunan Pemain

Wolverhampton: Jose Sa, Craig Dawson, Semedo, Kilman, Toti, Lemina (Traore 75'), Daniel Podence (Moutinho 64'), Matheus Nunes (Collins 90+6'), Joao Gomes, Diego Costa (Hwang Hee-chan 64'), Matheus Cunha (Sarabia 80')

Chelsea: Kepa, Koulibaly, Cucurella (Chilwell 68'), James, Fofana (Chalobah 80'), Kovacic, Gallagher, Havertz (Pulisic 61'), Enzo Fernandez, Sterling (Mudryk 68'), Joao Felix (Aubameyang 67')































Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Wolverhampton Vs Chelsea: The Blues Tumbang 0-1"