Hagia Sophia

09 April 2023

Agar Tidak Terhidrasi, Ini Tips Minum Air Putih Saat Puasa

Tips minum saat sahur agar tidak dehidrasi selama puasa (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Saat puasa, tubuh harus menahan haus selama berjam-jam. Maka dari itulah, waktu sahur dan berbuka menjadi saat yang tepat untuk mengisi kembali cairan sekaligus mempersiapkan diri untuk puasa keesokan harinya. Lantas, berapa gelas air putih yang dianjurkan supaya puasa terhindar dari dehidrasi?

Sering beredar bahwa anjuran minum yang ideal adalah delapan gelas air per hari. Terkait hal ini, spesialis gizi dr Christopher Adrian, M Gizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang menjelaskan 8 gelas bukan jumlah yang tetap, tetapi dihitung sesuai kebutuhan cairan harian. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, manusia membutuhkan sekitar 30 hingga 40 ml air per kilogram berat badan.

"Misalnya berat badan saya 50 kg. Kita kali 30 ml, 1500 ml. Kita kali 40 ml, 2 liter. Berarti kebutuhan cairan harian kita 1.500 ml sampai 2 liter. Anggaplah satu gelas itu 200 ml ya. 8 x 200 ml 'kan 1.600 ml. Terpenuhi," papar dr Christopher kepada detikcom, Jumat (17/3/2023) di RS Siloam TB Simatupang

Untuk memenuhi kebutuhan ini saat puasa, minum bisa dilakukan di waktu sebelum sahur, setelah sahur, menjelang imsak, saat buka, setelah salat Maghrib, setelah makan berat, setelah Isya, dan setelah tarawih.

"Yang penting kecukupan kebutuhan harian dalam satu harinya. Boleh 8, 9, 10. Kalau berat badan semakin besar, kebutuhan cairan semakin tinggi. Makanya bisa sampai 10 gelas per hari. Nah, itu 'kan minimal dengan catatan fungsi ginjalnya masih bagus. Kalau ada pasien-pasien yang bermasalah dengan fungsi ginjal, takaran cairannya tentu kita batasi," ujarnya.

Senada dengan hal ini, spesialis penyakit dalam, dr Adeline Pasaribu, SpPD dari RS Royal Progress menyebutkan bahwa minum tetap menjadi hal penting saat berpuasa. Kadang kala, puasa bisa membuat seseorang lupa untuk minum. Untuk mengatasi hal ini, maka cara mudahnya adalah dengan minum delapan gelas per hari.

"Paling yang bisa kita paling gampang ingetnya, misalnya nih kita inget-inget harus minum 8 gelas per hari atau lebih silakan tergantung hausnya. Jadi misalnya bangun sebelum sahur minum 1, udah sahur minum 1, adzan Maghrib minum 1, udah makan minum 1, baru 'ntar salat Isya minum 1, tarawih minum 1, sebelum tidur minum 1, itu udh 8 gelas," ujarnya kepada detikcom, Jumat (24/3).

Namun, dr Adeline menyebut bahwa itu hanya poin-poin yang bisa digunakan untuk memudahkan seseorang mengingat saja. Sebenarnya diperbolehkan jika ingin lebih dari itu. Tinggal disesuaikan saja dengan rasa haus yang dialami masing-masing individu.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Minum Air Putih saat Sahur Biar Nggak Dehidrasi dan Haus Seharian"