Hagia Sophia

17 April 2023

Sebanyak Inikah Gen yang Nentukan Tinggi Badan Seseorang?

Peneliti mengungkap 145 gen yang mempengaruhi tinggi badan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prapat Aowsakorn)

Pernahkah terpikir kenapa tinggi badan manusia berbeda-beda? Selain faktor eksternal seperti nutrisi dan stimulasi, rupanya ada faktor lain yang tak kalah penting yakni genetik.

Baru-baru ini ilmuwan mengungkap ada 145 gen yang berhubungan dengan tinggi badan seseorang, mereka menyebutnya 'height genes'. Gen-gen tersebut terdapat di sel-sel pembentuk kartilago di ujung tulang anak dan menentukan pertumbuhannya.

Sel-sel kartilago yang disebut kondrosit tersebut berada di jaringan yang disebut lempeng pertumbuhan atau growth plate. Salah satu perannya pada tinggi badan adalah menentukan panjang dan bentuk tulang saat bertumbuh.

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa kondrosit memegang peran penting bagi pertumbuhan tulang dan tinggi badan. Namun hingga baru-baru ini, mereka kesulitan menentukan gen manakah yang menentukan pertumbuhannya.

"Penelitian kami berfokus pada sel kartilago secara spesifik karena mereka adalah tipe sel primer yang terlibat dalam pertumbuhan tulang," kata Dr Nora Renthal dari Boston Children's Hospital and Harvard Medical School, dikutip dari LiveScience.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Cell Genomics, Renthal dan koleganya memindai 600 juta sel kartilago tikus untuk mengamati bagaimana sel-sel tersebut berkembang. Mereka menggunakan teknologi CRISPR genome-editing untuk mengamatinya.

Hasilnya, ada 145 gen yang ketika dihilangkan memicu pertumbuhan abnormal pada sel kartilago tikus. Pola ketidaknormalan tersebut serupa dengan yang teramati pada beberapa gangguan tulang rangka seperti dysplasia.

Dysplasia adalah sekelompok gangguan genetik yang mempengaruhi pertumbuhan tulang, sendi dan kartilago pada bayi. Mereka yang mengalaminya umumnya memiliki postur lebih pendek.

"Penelitian baru kami telah membantu mengidentifikasi gen baru yang potensial terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang," kata Renthal.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terungkap! Ada 145 Gen yang Bisa Menentukan Tinggi Badan Seseorang"