Hagia Sophia

17 April 2023

Kamar David Ozora di Rumah Disulap Jadi Ruang ICU, Ini Penampakannya

David Ozora keluar dari RS. (Foto: 20Detik/Putri Aulia)

Cristalino David Ozora diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah dirawat selama 53 hari. Pihak dokter mengatakan kondisinya sudah berangsur membaik sehingga bisa menjalani perawatan di rumah atau home care.

Ayah David, Jonathan Latumahina, mengunggah foto kamar David yang disulap menjadi Intensive Care Unit (ICU) di media sosialnya. Jonathan menambahkan, sang putra belum bisa dikunjungi secara bebas.

"Nyulap kamar David jadi ruang ICU," tulisnya melalui akun Twitternya, @seeksixsuck, dikutip Senin (17/4/2023).
Ia menambahkan kondisi David saat ini masih memerlukan terapi kognitif dan motorik untuk 6 bulan ke depan. Meski menjalani perawatan di rumah, tetap ada tenaga kesehatan yang berjaga untuk memantau kondisinya.

"Perlakuan home care ini sama seperti ICU, yaitu: tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan RS, oksigen, concentrate dan monitor EKG," tambahnya.

Sebelumnya, dokter mengungkap kondisi David membaik sehingga boleh menjalani perawatan di rumah. Spesialis saraf RS Mayapada dr Yeremia Tatang, SpS mengatakan proses pemulihan David masih panjang dan motoriknya masih harus dilatih.

Kondisi David disebut mulai membaik sejak minggu keempat dirawat di rumah sakit. David diketahui mengalami koma dan cedera berat akibat penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy.

Spesialis bedah saraf RS Mayapada dr Gibran Aditiara Wibawa, SpS mengatakan David telah melewati masa kritis dan sudah masuk fase pemulihan. Tim dokter sepakat menyetujui perawatan home care bagi David.

"Walau sudah boleh pulang, tim sepakat bahwa David belum pulih total. Masih banyak pekerjaan rumah. Kami kerjasama bantu mas David jalani pemulihan. Meski sudah boleh pulang, tim rumah sakit memantau dan observasi berkala," kata dr Gibran dalam konferensi pers, Minggu (16/4).





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dirawat di Rumah, Kamar David Ozora Disulap Jadi Ruang ICU"