Hagia Sophia

03 May 2023

Puncak COVID-19 Varian Arcturus Diperkirakan Akan Terjadi Minggu Depan

Ilustrasi kasus COVID-19 varian Arcturus di DKI. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memprediksi puncak kasus COVID-19 di tengah meluasnya Arcturus terjadi pekan depan. Perhitungan tersebut didasari laporan kasus harian dan kematian COVID-19.

Meski begitu, Kepala Seksi Imunisasi Dinkes DKI, dr Ngabila Salama memastikan situasi COVID-19 di DKI saat ini relatif terkendali. Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas dengan vaksinasi booster lanjutan.

"Situasi COVID-19 di Jakarta sangat terkendali walau jumlah kasus positif dan kematian meningkat, positivity rate meningkat tajam tanda banyak kasus tidak terdiagnosis di lapangan," beber dr Ngabila kepada detikcom Selasa (2/5/2023).

Keterisian tempat tidur di RS ikut merangkak naik. Angka bed occupancy rate (BOR) dalam sepekan terakhir berada di 16 persen. Dalam periode yang sama, tercatat ada 16 kematian.

Seluruhnya berusia 30 tahun ke atas dengan riwayat vaksinasi belum menerima vaksin COVID-19 dosis keempat atau booster kedua.

"BOR RS naik seminggu terakhir menjadi 16 persen, kematian 16 orang, semua 30 tahun ke atas, belum dosis 4. Bahkan 10 di antaranya belum vaksinasi sama sekali. Puncak kematian 7-14 hari dari puncak kasus. Tren masih naik, prediksi puncak minggu depan, 6 minggu dari 23 Maret, saat Arcturus pertama kali terdeteksi," jelasnya.

Gejala COVID-19 varian Arcturus disebut khas dan berkaitan erat dengan mata merah atau keluhan konjungtivitis. Meski begitu, catatan Dinkes DKI menunjukkan gejala terbanyak masih meliputi batuk, pilek, hingga demam.

"Apapun variannya, cegah sakit dengan memakai masker di keramaian, transportasi publik, hindari orang yang sedang sakit. Masker dapat melindungi dari berbagai penyakit menular seperti batuk pilek oleh virus, atau bakteri lainnya, campak, rubella, TBC, difteri, dan lain-lain," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Siap-siap, Puncak COVID-19 Arcturus di DKI Diprediksi Tiba Pekan Depan!"