Hagia Sophia

03 May 2023

Liga Inggris: Arsenal Tundukan Chelsea 3-1

Arsenal kalahkan Chelsea 3-1 untuk puncaki Liga Inggris lagi (Getty Images/Shaun Botterill)

Arsenal untuk sementara kembali ke puncak klasemen Liga Inggris. Ini setelah The Gunners membekuk The Blues dengan skor 3-1.

Pada pertandingan yang dihelat di Emirates Stadium, Rabu (3/5/2023) dini hari WIB, Martin Odegaard jadi pahlawan dengan dua gol. Sisa satu gol dibuat Gabriel Jesus.

Gol balasan Chelsea dibuat Noni Madueke pada babak kedua. Dengan tambahan tiga poin, Arsenal sementara naik ke posisi pertama dengan 78 poin dari 34 laga, unggul dua angka dari Manchester City di posisi kedua yang baru bermain 32 kali.

Chelsea makin terbenam bareng Frank Lampard karena kini berada di posisi ke-12 dengan 39 poin.

Jalannya pertandingan

Arsenal yang butuh kemenangan demi menjaga kans juara bermain agresif sejak menit awal. Chelsea ditekan dan tak diberikan kesempatan mengembangkan permainan.

Pada menit keempat, gawang Chelsea nyaris bobol ketika backpass Cesar Azpilicueta dengan kepala malah menghampiri Granit Xhaka. Beruntung Kepa Arrizabalaga dengan cepat membuang bola tersebut.

Pada menit ke-15, Leandro Trossard memberikan umpan tarik ke depan gawang yang disambut Gabriel Jesus. Meski dalam kawalan dua pemain, Jesus masih bisa menembak tapi bola ditepis Kepa.

Arsenal akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-18 lewat Martin Odegaard. Tanpa kawalan di tiang jauh, Odegaard dengan mudah melepaskan sepakan first time dari bola umpan silang Xhaka dan menembus jala Kepa.

Gol pertama Martin Odegaard ke gawang Chelsea (Foto: AFP via Getty Images/BEN STANSALL)

Chelsea mendapat peluang pertamanya pada menit ke-25 saat Ben Chilwell dari sisi kiri mampu melepaskan diri dari Bukayo Saka. Tinggal berhadapan dengan Aaron Ramsdale, bola sepakan melengkungnya dapat ditepis.

Gol kedua dibuat Odegaard pada menit ke-31 sekaligus menambah keunggulan Arsenal jadi 2-0. Trossard memberikan umpan silang ke area 16 meter dan disundul Xhaka ke arah Odegaard yang mencocor bola di tiang jauh.

Martin Odegaard menggandakan skor jadi 2-0 (Foto: PA Images via Getty Images/Adam Davy - PA Images)

Cuma selang tiga menit, Jesus menjauhkan skor jadi 3-0. Bola rebound sepakan Xhaka tak bisa dihalau Wesley Fofana dan Jesus dengan cepat menyepak gola untuk menjebol jala Kepa.

Gol ketiga Arsenal dibuat Gabriel Jesus (Foto: Getty Images/Alex Pantling)

Chelsea baru bisa lepas dari tekanan Arsenal di lima menit terakhir, tapi Arsenal tetap mempertahankan keunggulan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Arsenal tak mengendurkan tekanan dan terus membombardir pertahanan Chelsea. Pada menit ke-51 gawang Chelsea hampir kebobolan andaikan Thiago Silva tak membuang bola tepat di garis.

Semenit setelahnya Xhaka kembali menembak dari luar kotak penalti usai lepas dari penjagaan Wesley Fofana. Tapi, Kepa bisa menepisnya.

Bukayo Saka pada menit ke-56 mendapat umpan pendek dari Odegaard dan melepaskan sepakan ke tiang jauh, yang bisa digagalkan Kepa.

Chelsea memangkas skor jadi 1-3 pada menit ke-65 saat Noni Madueke lepas dari kawalan Oleksandr Zinchenko dan memberikan umpan tarik ke tiang jauh. Madueke tanpa ampun menjebol jala Ramsdale.

Noni Madueke membuat skor 3-1 (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)

Tak ada gol lagi tercipta hingga laga Arsenal vs Chelsea tuntas.

Susunan pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Jakub Kiwior, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (Kieran Tierney 73'); Martin Odegaard, Jorginho, Granit Xhaka; Bukayo Saka (Reiss Nelson 74'), Gabriel Jesus, Leandro Trossard (Gabriel Martinelli 79').

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Wesley Fofana, Thiago Silva, Ben Chilwell; N'Golo Kante, Enzo Fernandez (Mykhailo Mudryk 71'), Mateo Kovacic; Noni Madueke (Hakim Ziyech 79'), Pierre-Emerick Aubameyang (Kai Havertz 70'), Raheem Sterling (Conor Gallagher 71').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Chelsea: The Gunners Balik ke Puncak Usai Bekuk The Blues"