Hagia Sophia

05 June 2023

Keluhan Wanita dengan Payudara Ukuran 36K, Sering Dilecehkan

Curhat wanita di Inggris punya payudara besar. (Foto: Getty Images/iStockphoto/mheim3011)

Memiliki payudara besar tidak selalu menyenangkan. Hal ini juga dirasakan oleh wanita di Inggris, Jackie Adedeji yang memiliki ukuran payudara sebesar 36K.

Menurutnya, ada dua kata yang menggambarkan kondisi dirinya, yaitu malu dan sakit. Ukuran payudaranya tersebut membuat dirinya terkadang ingin bersembunyi.

"Sejak usia 11 tahun saya dilecehkan secara seksual, saya ingat pengalaman nyata saat berjalan ke sekolah dan pria dewasa berjalan melewati saya sambil menjilat bibir mereka," katanya, dikutip dari BBC, Senin (5/6/2023).

"Saya juga pernah menghadiri rapat, di mana Anda memiliki kolega yang menatap Anda, membuat Anda merasa berada di sini untuk menjadi objek seksual," lanjutnya.

Jackie mengaku betapa melelahkan secara mental memiliki payudara yang lebih besar. Bahkan, dirinya juga mengalami tekanan budaya. Jackie dibesarkan di lingkungan religius yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.

"Mereka (payudara) merasa malu, karena banyak orang merasa memiliki payudara Anda, ketika mereka besar, mereka dianggap sebagai milik umum," katanya.

"Kamu seharusnya berkelas dan selain itu, sebagai wanita kulit hitam, kamu selalu ingin tampil dengan cara yang paling positif dan saya sering merasa bahwa payudara saya tidak dilihat sebagai hal yang positif," kata Jackie.

Meski melewati masa-masa sulit, dalam film dokumenter 'My Big Boobs: UNTOLD', Jackie mengatakan dia belajar untuk menerima tubuhnya seiring bertambahnya usia. Ia juga tak mengecilkan payudaranya meskipun saat ini banyak wanita yang menjalani operasi pengecilan payudara.

The British Association of Aesthetic Plastic Surgeons (BAAPS) mengatakan pengecilan payudara (breast reduction) adalah prosedur estetika terpopuler kedua di Inggris. Tercatat ada 5.270 operasi pengecilan payudara pada 2022, naik 120 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan lebih tinggi dari pra-COVID.

Lebih lanjut, Jackie berharap agar orang-orang memiliki lebih banyak empati terhadap mereka yang memiliki ukuran payudara besar.

"Saya ingin melihat lebih banyak belas kasih terhadap wanita berpayudara besar, karena saya ingin orang-orang berpikir jika mereka pernah melihat seorang wanita berjalan di seberang jalan dan dia memiliki payudara besar, dia mengurus urusannya sendiri, tinggalkan dia sendiri," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Wanita Pemilik Payudara 36K, Ngaku Tak Bahagia dan Ingin Bersembunyi"