Hagia Sophia

05 June 2023

Pengakuan Seorang Wanita yang Sempat Lihat Surga Saat Diinfus

Ilustrasi pasien meninggal (Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Viral seorang wanita mengaku telah meninggal dan hidup kembali. Wanita bernama Courtney Santiago (32) itu mengklaim telah meninggal selama 40 detik, yang menurutnya terasa seperti seumur hidup.

Hal ini berawal saat Santiago menjalani pemindaian payudara (MRI) pada Juli tahun lalu, imbas riwayat kanker payudara di keluarganya. Adapun pemindaian ini dilakukannya sebagai tindak pencegahan dini.

Ketika petugas medis memasukkan infus, tubuh Santiago mengalami syok yang menyebabkan tekanan darahnya turun dan detak jantungnya melambat secara drastis.

"Saya tidak khawatir meninggalkan tubuh saya, hidup saya, putra saya, atau keluarga dan teman-teman saya. Tidak ada yang terasa penting," katanya, dikutip dari Mirror.

Saat tak sadarkan diri, Santiago mengaku telah pergi ke surga dan mendapati dirinya berdiri di pantai di depan seorang pria yang belum pernah ditemui. Sosok itu mengatakan kepadanya bahwa semuanya akan baik-baik saja, namun belum waktunya untuk pergi.

Setelah mendengar ucapan sosok tersebut, sekelilingnya tiba-tiba mulai berubah. Ia menemukan dirinya di pegunungan, lalu taman belakang rumah masa kecilnya, dan beberapa tempat lain yang terhubung dengan alam.

Begitu dia bangun setelah mengalami syok, Santiago mengklaim tidak dapat berbicara dan tubuhnya terasa sangat kaku.

Petugas medis kemudian menemukan bahwa Santiago mengidap sinkop vasovagal, suatu kondisi yang membuat tubuh pasien bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu, seperti tekanan emosional atau darah. Tekanan darah dan detak jantung turun menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran karena otak kekurangan oksigen.

Meski jantung bisa turun hingga 10 detik, kondisinya tidak mengancam jiwa.

"Saya 100 persen yakin apa yang saya lihat adalah 'di antara' dan lebih dari sekadar episode pingsan," kata Santiago.

"Saya memberi tahu perawat tentang apa yang telah saya lihat dan dia memberi tahu saya bahwa meskipun jarang, ada kemungkinan untuk meninggal selama episode sinkop vasovagal," tuturnya lagi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Geger Kesaksian Wanita Ngaku Sempat Meninggal-Lihat Surga Usai Diinfus"