Hagia Sophia

05 June 2023

Mengenal Habbatussauda dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Foto: Getty Images/iStockphoto

Habbatussauda atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu tumbuhan yang banyak dijadikan sebagai obat tradisional. Sebab, habbatussauda dipercaya dapat menyehatkan badan serta mencegah terserang berbagai penyakit.

Perlu diketahui, di dalam habbatussauda terkandung vitamin, asam amino, minyak atsiri, saponin, kalsium, natrium, dan masih banyak lagi zat lainnya. Maka dari itu, habbatussauda sering dikonsumsi oleh sejumlah masyarakat demi menjaga kesehatan badan.

Lantas, apa saja sih manfaat yang didapat jika mengkonsumsi habbatussauda? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Apa Itu Habbatussauda?

Dilansir e-Jurnal milik unair.ac.id, habbatussauda (Nigella sativa) merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga Ranunculaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Barat, namun sudah banyak tumbuh di Eropa Selatan dan Timur Tengah.

Di negara asalnya, jintan hitam sering dipakai sebagai bumbu penyedap rasa dan pengawet alami, umumnya digunakan untuk masakan khas India dan Timur Tengah. Lalu, bijinya sendiri banyak dikonsumsi masyarakat karena dipercaya bermanfaat untuk kesehatan.

Bahkan, manfaat dari habbatussauda telah diteliti sejak ribuan tahun lalu, tepatnya oleh Ibnu Sina (Avicenna). Di dalam jurnal medisnya yang berjudul Canon of Medicine, Ibnu Sina mengungkapkan bahwa biji jintan hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai pengobatan sesak napas.

Manfaat Habbatussauda

Selain mengobati sesak napas, masih banyak lagi manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuh yang telah diteliti oleh para ilmuwan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat habbatussauda.

1. Meningkatkan Imun Tubuh
Manfaat habbatussauda yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengutip buku Habbatussauda: Manfaat Luar Biasa Habbatussauda bagi Kesehatan oleh Tresno Saras, jintan hitam banyak mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dipercaya bisa membantu melawan berbagai infeksi dan penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain itu, rutin mengkonsumsi habbatussauda juga dapat menjaga kesehatan jantung. Menurut sejumlah penelitian, habbatussauda punya dampak positif bagi kesehatan jantung, karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

3. Menjaga Pencernaan
Apakah detikers sering mengalami gangguan pencernaan? Jika iya, cobalah untuk rutin mengkonsumsi habbatussauda. Sebab, kandungan minyak atsiri pada jintan hitam dapat menyembuhkan sekaligus menjaga sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang mengkonsumsi ekstrak habbatussauda ketika mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut, maag, dan kembung.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol
Analisa dari 17 studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pharmacological Research mengungkapkan, bahwa habbatussauda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Yang menarik, para peneliti menemukan kalau minyak habbatussauda punya efek yang lebih kuat dalam menurunkan kolesterol jika dibandingkan habbatussauda bubuk.

5. Menurunkan Berat Badan
Manfaat selanjutnya dari habbatussauda adalah dapat menurunkan berat badan. Dilansir situs Healthline, sebuah studi mengungkapkan jika habbatussauda mampu menurunkan berat badan dan lemak berlebih di perut.

Tapi perlu diingat, agar berat badan bisa turun dengan cepat, sebaiknya imbangi juga dengan menjaga pola makan yang sehat, tidur teratur, dan rutin berolahraga.

6. Menjaga Kesehatan Rambut
Bagi detikers yang sering mengalami masalah kerontokan pada rambut, cobalah untuk rutin mengkonsumsi habbatussauda. Sebab, sifat antimikroba dan antioksidan di dalam jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Namun, detikers juga wajib melakukan perawatan rambut dengan menggunakan sejumlah produk khusus. Hal ini agar rambut tetap sehat dan kuat.

7. Menjaga Kadar Gula Darah
Ternyata, habbatussauda juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh Complementary Therapies in Medicine mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi suplemen habbatussauda bisa memperbaiki sekaligus menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

8. Mencegah Kanker
Manfaat habbatussauda yang terakhir adalah dapat mencegah kanker. Soalnya, senyawa antioksidan etanol pada jintan hitam ternyata bisa menghambat keganasan sel kanker. Sebuah penelitian melakukan uji coba terhadap seekor tikus, hasilnya keganasan sel kanker perlahan mulai menurun pada tikus tersebut.

Perlu diketahui, terlalu banyak jumlah radikal bebas di dalam tubuh bisa membuat tubuh mengalami stres oksidatif. Hal ini dapat memicu berbagai kerusakan sel di tubuh hingga menyebabkan berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Manfaat Habbatussauda untuk Tubuh, Cegah Berbagai Penyakit"