Hagia Sophia

05 June 2023

Liga Spanyol: Villarreal Imbangi Atletico Madrid 2-2

Laju Alvaro Morata (kanan) coba diganggu Johan Mojica. Foto: Getty Images/Aitor Alcalde

Atletico Madrid ditahan imbang 2-2 oleh Villarreal di pekan terakhir Liga Spanyol musim ini. Meski begitu, hasil tersebut tak mengubah posisi mereka di urutan ketiga klasemen akhir dan tampil di Liga Champions musim depan.

Bermain di Estadio de la CerĂ¡mica, Minggu (4/6/2023), Villarreal memimpin lebih dulu di menit ke-9. Lewat serangan balik, Manu Trigueros mengirim bola kepada Samuel Chukwueze, yang hendak memberi umpan terobosan ke depan kotak penalti Atletico.

Pablo Barrios kemudian berupaya menyapu bola, namun sundulannya malah mengarah kepada Nicolas Jackson yang bergerak masuk ke kotak penalti. Dengan sekali kontrol bola, ia melepaskan tembakan kaki kanan yang membobol gawang Ivo Grbic.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Atletico berhasil menyamakan kedudukan lewat Angel Correa di menit ke-18.

Berawal dari tendangan bebas mendatar yang dilepaskan Antoine Griezmann ke kotak penalti, striker Argentina itu menyambutnya dengan sebuah tembakan pelan namun terukur ke sudut kiri gawang Villarreal yang dijaga Filip Jorgensen.

Usai bermain imbang 1-1 di babak pertama, Atletico berbalik memimpin di menit ke-56. Lagi-lagi, gol ini tercipta berkat kerja sama apik antara Griezmann dan Correa.

Lewat serangan balik, Griezmann yang menerima umpan dari lini belakang kemudian mengirim umpan terobosan mendatar ke depan kotak penalti. Di sana ada Correa yang berlari menyambut.

Jorgensen keluar dari sarangnya untuk menghalau Correa, namun justru ia berhasil dilewati oleh striker 28 tahun itu, yang kemudian menceploskan bola dengan mudah ke gawang kosong, mengubah skor menjadi 2-1 untuk Atletico.

Upaya Atletico menjaga keunggulan tidaklah mudah. Selain karena Villarreal ngotot menambah gol, mereka juga bermain dengan 10 orang sejak menit ke-70.

Axel Witsel diganjar kartu merah langsung usai melanggar Giovani Lo Celso. Pemain asal Belgia itu merupakan orang terakhir dan berupaya menggagalkan serangan balik Villarreal. Wasit tak punya pilihan selain mengusirnya.

Atletico juga harus mengganti Grbic yang cedera dengan kiper cadangan mereka, Antonio Gomis pada menit ke-85. Sederet bencana ini akhirnya membawa petaka di injury time.

Lewat serangan balik, Jorge Pascual yang baru masuk di menit ke-85 berhasil membobol gawang Atletico dengan tembakan kaki kanan. Skor 2-2 bertahan hingga usai.

Hasil ini membuat Atletico gagal menyalip Real Madrid yang bermain imbang 1-1 melawan Athletic Bilbao. Tim asuhan Diego Simeone harus puas finis ketiga dengan 77 poin, sementara Villarreal di urutan lima dengan 64 poin dan lolos ke Liga Europa.

Susunan pemain

Villarreal: Jorgensen, Femenia (Cuenca 46'), Mandi (Mojica 85'), Pau Torres, Moreno (Pascual 85'), Parejo, Capoue, Chukwueze (Baena 66'), Trigueros (Lo Celso 66'), Pino, Jackson.

Atletico Madrid: Grbic (Gomis 85'), Hermoso, Witsel, Savic, Reguilon (Lemar 84'), Barrios, Koke, Niguez, Molina, Correa (Morata 85'), Griezmann.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Liga Spanyol: Ditahan Villarreal 2-2, Atletico Gagal Salip Madrid"