Hagia Sophia

05 June 2023

Manfaat Tidur Siang: Bikin Kulit Sehat dan Kembalikan Konsentrasi

Foto: shutterstock

Banyak orang sering menganggap remeh tidur siang. Namun nyatanya, tidur siang merupakan waktu terbaik untuk beristirahat serta memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari laman Harvard Medical School, tidur siang dianggap memainkan peran penting dalam memulihkan kembali tubuh dan otak.

Dikutip dari laman Healthline, tidur siang juga disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental.

Untuk mengetahui manfaat lain dari tidur siang, simak artikel yang akan detikHealth rangkumkan berikut ini, yang dikutip dari laman Healthline, Sleepopolis, dan Harvard Edu.

5 Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Suasana Hati
Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon neurotransmitter serotonin, atau yang biasa dikenal dengan "hormon bahagia". Jika Anda sedang memiliki suasana hati yang buruk, sempatkanlah tidur siang selama 45 hingga 60 menit untuk meningkatkan kembali suasana hati.

2. Menyehatkan Kulit
Tidur siang dapat meregenerasi sel-sel kulit sehingga dapat menghasilkan kulit yang lebih cerah, sehat, dan tampak lebih muda. Selain itu tidur siang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga akan membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, serta dapat mencerahkan mata.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kekurangan tidur biasanya berdampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh. Cara efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidur siang. Seseorang yang terbiasa tidur siang cenderung tidak mudah sakit dan terkena flu.

4. Meningkatkan Konsentrasi
Sebuah penelitian dari Harvard University menemukan bahwa otak menggunakan tidur untuk menyegarkan kembali syaraf yang digunakan untuk berkonsentrasi. Maka dari itu setelah tidur siang, otak lebih mampu menempatkan semua fokusnya pada sesuatu yang sedang dikerjakan.

5. Mengatasi Sakit Kepala
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi sakit kepala akibat migrain. Kurang tidur merupakan salah satu faktor yang menjadi pemicu dari datangnya migrain dan sakit kepala. Maka dari itu tidur siang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Tips Untuk Tidur Siang
  1. Waktu untuk tidur siang terbaik adalah pada pukul 13.00 hingga 15.00.
  2. Buatlah ruangan tidur siang senyaman dan setenang mungkin.
  3. Durasi tidur siang terbaik adalah sekitar 20 hingga 30 menit.
  4. Pasanglah alarm sehingga Anda tidak tidur siang terlalu lama.
  5. Minum kopi tepat sebelum tidur siang bisa membuat Anda lebih produktif setelah bangun.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Tidur Siang, Bikin Kulit Sehat Sampai Kembalikan Konsentrasi"