Hagia Sophia

05 June 2023

Liga Italia: Napoli Kalahkan Sampdoria 2-0

Napoli menang 2-0 atas Sampdoria. Foto: Getty Images/Francesco Pecoraro

Napoli, sang juara baru Liga Italia, menutup musim dengan manis. Menjamu Sampdoria di pekan terakhir, Partenopei menang 2-0.

Bermain di Stadion Diego Armando Maradona, Minggu (4/6/2023), Napoli yang akan mengangkat trofi juara usai laga berhasil menang berkat gol penalti Victor Osimhen di menit ke-64 dan tembakan memukai Giovanni Simeone di menit ke-85.

Dengan hasil ini, Napoli finis di puncak klasemen 2022-23 dengan raihan 90 poin. Sementara Sampdoria sudah dipastikan terdegradasi usai finis sebagai juru kunci dengan raihan 19 poin.

Jalannya pertandingan

Ancaman pertama dari Napoli hadir di menit ke-3 lewat tembakan Piotr Zielinski, namun arahnya melenceng jauh dari sasaran. Menit ke-6, sundulan Victor Osimhen berhasil diamankan kiper Sampdoria, Martin Turk.

Sampdoria gantian mengancam gawang Napoli di menit ke-10, tetapi tembakan jarak dekat Alessandro Zanoli berhasil dihalau kiper Alex Meret. Mario Rui balik mengancam tim tamu di menit ke-16, tetapi tendangan bebasnya melambung di atas gawang.

Khvicha Kvaratskhelia gagal mencetak gol usai tembakan jarak jauhnya di menit ke-21 melenceng tipis dari gawang. Sedangkan sundulan Osimhen di menit ke-23 juga melambung dan gagal berujung gol.

Sampdoria tak diam saja dan mengancam lewat sundulan Fabio Quagliarella di menit ke-24, namun sama saja, gagal mengubah kedudukan. Ancaman Napoli lewat sundulan Leo Ostigard di menit ke-43 juga berujung goal kick. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Napoli berhasil memecah kebuntuan di menit ke-64. Pelanggaran Nicola Murru terhadap Osimhen membuat wasit menunjuk titik putih. Striker Nigeria itu sendiri yang maju sebagai penendang, dan berhasil menaklukkan Turk.

Napoli kembali menggandakan keunggulan di menit ke-85. Giovanni Simeone mencatatkan namanya di papan skor lewat tembakan jarak jauh yang bersarang di sudut kanan gawang Sampdoria. Ia merayakan golnya dengan mengangkat jersey lawas Maradona.

Skor 2-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Napoli: Meret, Di Lorenzo, Rrahmani, Ostigard, Mario Rui (Bereszynski 77'), Anguissa (Demme 80'), Lobotka, Zielinski (Gaetano 68'), Elmas (Raspadori 68'), Osimhen (Simeone 77'), Kvaratskhelia.

Sampdoria: Turk, Murru, Amione, Gunter (Malagrida 46'), Augello, Rincon (Segovia 87'), Paoletti, Zanoli, Leris, Quagliarella (Ivanovic 87'), Gabbiadini (Ntanda-Lukisa 88').
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Napoli Vs Sampdoria: Sang Juara Tutup Musim dengan Kemenangan"