Hagia Sophia

07 July 2023

Didiagnosis Menderita Depresi, Ini Kondisi Coco Lee Sebelum Bunuh Diri

Coco Lee sempat depresi sebelum meninggal dunia. (Foto: Instagram @cocolee)

Penyanyi Hong Kong Coco Lee meninggal dunia di usia 48 tahun pada Selasa (5/7/2023). Ia sempat melakukan percobaan bunuh diri di apartemennya pada Minggu (2/7) dan sempat koma di rumah sakit.

Sebelumnya, Coco didiagnosis menderita depresi beberapa tahun yang lalu. Ia berjuang melawan depresi sampai mencoba bunuh diri di apartemennya.

Dikutip dari Global Times, Coco Lee mencoba mengakhiri hidupnya karena merasa perjuangan hidupnya melawan depresi yang begitu lama. Masalah pernikahan yang dialaminya memicu perkembangan depresinya.

Namun, selama itu Coco Lee selalu berupaya untuk mencari pengobatan untuk kondisinya. Ia sering membenamkan dirinya dalam pekerjaannya untuk membuatnya semangat lagi.

Sayangnya, kondisinya memburuk dengan cepat belakangan ini. Ibunya serta dua saudara perempuannya juga menyadari parahnya kondisi Coco Lee, dan terus menemaninya.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus pada hal-hal atau aktivitas rutin. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan berpikir, mengingat, makan, hingga tidur.

Seseorang yang mengalami kondisi ini mungkin terjadi karena merasa sedih atau berduka atas kehidupan yang sulit. Misalnya seperti kehilangan pekerjaan hingga perceraian.

Tanpa pengobatan, depresi bisa menjadi lebih buruk dan bertahan lebih lama. Dalam kasus yang parah, itu dapat menyebabkan melukai diri sendiri atau kematian karena bunuh diri. Namun, perawatan yang tepat bisa sangat efektif dalam memperbaiki gejala.

Gejala Depresi

Gejala depresi dapat sedikit berbeda tergantung pada jenisnya dan dapat berkisar dari ringan hingga berat. Dikutip dari Cleveland Clinic, secara umum gejalanya meliputi:
  • Merasa sangat sedih, putus asa atau khawatir. Anak-anak dan remaja dengan depresi mungkin lebih mudah tersinggung daripada sedih.
  • Tidak menikmati hal-hal yang dulu membuatnya senang.
  • Menjadi mudah tersinggung atau frustrasi.
  • Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, yang dapat menyebabkan kenaikan berat
  • badan atau penurunan berat badan.
  • Sulit tidur (insomnia) atau terlalu banyak tidur (hypersomnia).
  • Memiliki energi rendah atau kelelahan.
  • Memiliki waktu yang sulit berkonsentrasi, membuat keputusan atau mengingat sesuatu.
  • Mengalami masalah fisik seperti sakit kepala, sakit perut atau disfungsi seksual.
  • Memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.


CATATAN: Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri, segera cari bantuan dengan menghubungi psikolog dan psikiater terdekat. Jika seseorang di sekitar mengungkapkan keinginan bunuh diri, jangan pernah dianggap bercanda.

Hotline bunuh diri: Anda dapat menghubungi 119 ext. 9 atau Halo Kemenkes 1500-567 yang tersedia 24 jam.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Depresi, Kondisi yang Dialami Coco Lee Sebelum Meninggal Bunuh Diri"