Hagia Sophia

07 July 2023

Makanan Rendah Kalori untuk Nunjang Program Diet

Ilustrasi makanan diet. (Foto: iStock)

Saat menjalani diet, biasanya seseorang merasa bingung harus makan apa. Terlebih, makanan yang dikonsumsi harus rendah kalori. Padahal bagi beberapa orang, makanan rendah kalori itu membuat lapar lebih cepat.

Jangan khawatir, ternyata ada loh makanan rendah kalori yang bisa menahan lapar dalam waktu lama. Berikut rekomendasi makanan yang rendah kalori untuk menunjang program diet.

1. Oats

Makanan ini sangat kaya akan serat dan protein, bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet, oats adalah pilihan yang pas. Ternyata makanan yang berbahan baku berasal dari oats dapat membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga dapat mengendalikan nafsu makan.

Sekitar setengah cangkir oatmeal mengandung sekitar 148 kalori dan kaya serat. Hal ini dapat membuat seseorang merasa keyang lebih lama.

2. Chia seeds

Olahan makanan yang berasal dari chia seeds, seperti puding atau minuman dapat menjadi camilan yang tepat untuk menemani diet. Chia seeds memiliki jumlah kalori yang rendah, tinggi serat dan kaya akan atioksidan.

Selain itu ternyata, komposisi serat larut biji chia seeds dapat memebantu melambatkan proses pencernaan yang membantu untuk mengurangi lapar.

3. Buah Beri

Beri adalah buah yang menghasilkan sumber serat yang bagus dan bantu membuat seseorang merasa keyang dalam waktu lama. Ternyata hanya dengan segenggam buah beri, tubuh seseorang akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, seperti vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Selain itu, sekitar 100 gram buah beri memiliki 57 kalori dan mengandung 2,4 gram protein.

4. Ikan

Ikan memiliki kandungan omega-3 dan protein. Bagi seseorang yang mencari makanan sehat rendah kalori, olahan ikan adalah pilihan yang tepat. Kandungan nutrisi pada ikan dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dan puas.

5. Yoghurt

Sumber protein lainnya yang kaya akan protein dan rendah kalori adalah yoghurt. Sekitar 100 gram yoghurt memiliki 59 kalori dan mengandung sekitar 10 gram protein. Dengan demikian, dapat membuat seseorang lebih kenyang, membantu dalam menurunkan berat badan dan baik untuk metabolisme.

6. Telur

Satu buah telur memiliki 72 kalori dan mengandung sekitar 6 gram protein. Komposisi nutrisi yang terdapat pada telur dapat membuat seseorang lebih kenyang dalam waktu lama. Bahkan menurut studi, mengonsumsi telur pada saat sarapan dapat membuat seseorang merasa kenyang dan mengurangi lapar.

7. Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat, serat dan protein. Bagi seseorang yang sedang menjalankan diet, kentang dapat menjadi pilihan yang pas dan dapat membantu untuk menahan lapar lebih lama. Namun, konsumsilah kentang dengan pengolahan yang tepat, seperti di kukus ataupun di rebus agar tidak merusak nutrisi yang terkandung pada kentang.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Siapa Diet Harus Nyiksa? Ini 7 Rekomendasi Makanan Lezat tapi Rendah Kalori"