Hagia Sophia

07 July 2023

Kasus Obesitas Terjadi pada Remaja di Jaktim, Miliki BB Hingga 230 Kg

Momen evakuasi remaja obesitas berbobot 200 kg di Jaktim. (Foto: Dok. Damkar Jaktim)

Kasus obesitas ekstrem kembali muncul. Pria 19 tahun asal Jakarta Timur belum lama ini dievakuasi dari rumahnya di Jalan SMP 160, Kecamatan Cipayung ke RSU Adhyaksa Jakarta Timur pada Kamis (6/7/2023) jam 9.00 WIB.

Ahmad Juwanto yang memiliki berat badan 230 kg dievakuasi oleh petugas gabungan Ambulans Gawat Darurat (AGD), pemadam kebakaran, BNPB, dan Dinas Perhubungan, pihak kecamatan Cipayung, dan Kelurahan Jengger.

Pihak RSU Adhyaksa mengatakan bahwa saat ini Juwanto pada saat ini masuk dalam tahap observasi. Setelah observasi dilakukan, penanangan Juwanto akan segera dilakukan.

"Kita sedang observasi kita sedang assement juga kondisinya seperti itu," ucap Kepala Bidang Pelayanan Medik RSU Adhyaksa dr Ani Barkah, M.Kes ketika ditemui detikcom di Jakarta Timur, Kamis (6/7/2023).

"Jadi nantinya dari pihak rumah sakit sudah menyiapkan tim dokter. Jadi nanti disesuaikan dengan kebutuhan pasien tersebut," sambungnya.

dr Ani menambahkan bahwa saat ini tim yang sudah dibentuk terdiri dari beberapa dokter spesialis. Namun, ia tidak menutup kemungkinan bahwa pihaknya akan menambah dokter spesialis lain jika hasil pemeriksaan sudah keluar dan melihat kebutuhan dari Juwanto.

"Saat ini pasien AJ dalam penanganan khusus dokter spesialis penyakit dalam dan gizi terutama seperti itu," ucapnya.

Terkait dengan pembiayaan, pihak RSU Adhyaksa mengatakan bahwa biaya perawatan Juwanto akan di-cover oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Biaya perawatan pasien AJ menggunakan BPJS," ucap Kepala Humas RSU Adhyaksa Sarah Izzati saat dikonfirmasi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Baru Remaja Obesitas Ekstrem 230 Kg di Jaktim, Seperti Ini Kondisinya"