Hagia Sophia

28 July 2023

Polusi Udara Jakarta Meningkat, Ini Tips Bersihkan Paru-paru Secara Alami

Polusi udara DKI Jakarta. (Foto: Agung Pambudhy)

Langit DKI Jakarta belakangan ini terlihat seperti mendung atau berkabut. Namun, jika diperhatikan baik-baik, itu adalah kabut yang disebabkan asap polusi udara.

Pada Kamis (27/7/2023) pukul 14.00 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta berada di level tidak sehat, yaitu 181 berdasarkan data IQAir. Sementara hasil pemantauan Jakarta Air Quality Index (AQI) juga menunjukkan kualitas udara buruk dengan kategori Poor di angka 128.

Terkait efek polusi udara, spesialis paru dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) beberapa waktu lalu menjelaskan polusi udara dapat mengganggu pernapasan dan organ paru terlebih jika terpapar dalam jangka panjang.

Meski efeknya tidak dirasakan dalam waktu dekat, polusi udara dapat memicu penyakit paru yang bisa saja diidap di masa depan. Untuk jangka pendek polusi bisa memicu Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Sedangkan dalam jangka waktu panjang, penyakit akibat paparan polusi bisa merembet ke penyakit lain seperti gangguan jantung dan kardiovaskular.

"Jangka panjang meningkatkan risiko terjadinya penyakit paru obstruktif kronik dan peningkatan risiko kanker serta penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, dan lain-lain," ujar dr Erlang.

Pada dasarnya, tidak ada cara yang spesifik bisa dilakukan untuk membersihkan paru-paru. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berhenti merokok, menghindari paparan polusi yang berlebih, mengubah gaya hidup lebih sehat, hingga berolahraga.

Maka dari itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang mengklaim bisa membersihkan paru-paru tanpa konsultasi ke ahlinya. Tetapi, bukan berarti paru-paru yang kotor tidak bisa 'dibersihkan' sama sekali. Umumnya, racun-racun dari polusi udara bisa memasuki paru-paru dan terperangkap dalam lendir.

Dikutip dari Medical News Today, berikut 7 cara yang bisa membantu 'membersihkan' paru-paru secara alami:

Terapi Uap (Steam)

Terapi uap atau teknik menghirup uap air bisa membantu membersihkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir. Ini akan memudahkan lendir untuk dikeluarkan dari tubuh.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghirup uap air bisa membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, dan mengencerkan lendir yang menggumpal setelah berada pada lingkungan penuh polusi.

Olahraga

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, olahraga juga bisa menurunkan risiko berbagai penyakit. Itu termasuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Olahraga akan 'memaksa' otot-otot di tubuh untuk bekerja lebih keras meningkatkan pernapasan, artinya itu juga akan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Ini akan mendorong sirkulasi tubuh, membuat tubuh lebih efisien dalam mengeluarkan sisa-sisa karbon dioksida yang diproduksi tubuh secara berkala.

Minum Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau juga bisa menjadi salah satu cara untuk 'membersihkan' paru-paru. Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu meringankan peradangan pada paru-paru.

Selain itu, kandungan antioksidan juga bisa melindungi jaringan paru-paru dari efek buruk setelah menghirup asap.

Mengkonsumsi Makanan Antiperadangan

Peradangan di tubuh bisa mengganggu pernapasan, membuat dada terasa berat, atau seperti tersumbat. Ada beberapa makanan yang bisa dicoba untuk meredakan peradangan dalam tubuh, seperti:
  • Kunyit
  • Sayuran hijau
  • Buah ceri
  • Bluberi
  • Zaitun
  • Kacang walnut
  • Kacang lentil
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang merah, dan kedelai

Postural Drainage

Teknik postural drainage adalah memposisikan tubuh dengan berbaring di berbagai posisi, seperti menyamping, tengkurap, juga berbaring lurus, dan memanfaatkan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Teknik ini dinilai bisa meningkatkan kualitas pernapasan dan membantu mengatasi infeksi paru-paru.

Perkusi Dada

Ada lagi teknik yang bisa dilakukan untuk membantu 'membersihkan' paru-paru dari sisa lendir, yakni teknik postural drainage. Teknik ini dilakukan oleh ahli dengan menepuk bagian dada, tujuannya untuk mengeluarkan sisa-sisa lendir yang terperangkap.

Batuk Terkontrol

Batuk merupakan cara terbaik untuk tubuh bisa mengeluarkan racun atau kotoran yang terperangkap dalam lendir. Batuk yang terkontrol bisa membantu mengencerkan sisa-sisa lendir pada paru-paru, dan mengirimnya ke saluran pernapasan untuk dikeluarkan.

Berikut tahap-tahap teknik batuk untuk membersihkan lendir dari paru-paru:
  • Duduk di kursi dengan bahu yang rileks dan menapakkan kedua kaki di lantai
  • Melipat kedua tangan di depan perut
  • Perlahan menarik napas dari hidung
  • Perlahan membuang napas sembari mencondongkan tubuh ke arah depan dan mendorong kedua tangan ke arah perut
  • Batuk dua sampai tiga kali sambil membuang napas dan membuka mulut sedikit
  • Perlahan tarik napas melalui hidung
  • Istirahat dan kembali mengulang tahapan bila dirasa perlu



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kualitas Udara Lagi Jelek-jeleknya, Ini 7 Cara Bersihkan Paru-paru dengan Alami"