Hagia Sophia

28 July 2023

Beberapa Manfaat Konsumsi Air Putih Hangat Saat Bangun Tidur

Foto: Getty Images/iStockphoto/YSedova

Setelah bangun tidur dianjurkan langsung menghidrasi tubuh dengan minum air putih. Rupanya secara spesifik, lebih dianjurkan minum air putih hangat. Kenapa ya?

Setiap orang sangat dianjurkan minum air putih yang cukup setiap hari. Minum air putih dalam jumlah cukup memberikan banyak manfaat kesehatan.

Jenis minuman yang bebas kalori dan gula ini menyehatkan. Konsumsi air putih bisa mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan sendi dan otot, memelihara kesehatan tubuh, bahkan dapat menurunkan berat badan.

Dalam sehari, seseorang dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Sedangkan, wanita hamil dianjurkan minum air putih sedikit lebih banyak, sekitar 2,5 liter per hari, lapor alodokter.com.

Kamu bisa mulai mengonsusmi air putih di pagi hari, setelah bangun tidur. Alih-alih minum teh dan kopi, lebih baik menyegarkan tenggorokan dengan konsumsi air putih. Air putih juga bermanfaat dalam hidrasi tubuh.

Air putih yang dikonsumsi sebenarnya bisa dalam suhu apapun. Namun, lebih dianjurkan minum air putih hangat.

Ada beberapa alasan mengapa air putih hangat dianjurkan untuk dikonsumsi pagi hari. Merangkum Times of India (24/07), berikut alasannya.

1. Menyehatkan pencernaan dan metabolisme
Air putih hangat yang diminum pagi hari bisa mendorong metabolisme dan meningkatkan pencernaan. Foto: Getty Images/andreswd

Minum segelas air putih hangat dalam keadaan perut kosong bisa mendorong metabolisme dan meningkatkan pencernaan.

Suhu hangat dalam air putih tersebut membantu menstimulasi organ pencernaan, sekaligus menyiapkan organ tersebut agar bisa berfungsi dengan baik seharian. Minum air putih hangat juga membantu mencerna partikel makanan secara lebih efektif. Memastikan penyerapan nutrisi yang optimal.

2. Mendukung detoksifikasi
Air putih merupakan minuman detoksifikasi alami. Minum air putih hangat membantu mengakumulasi racun dalam tubuh dengan cara meningkatkan suhu tubuh, akhirnya membuat tubuh berkeringat. Kotoran dan racun dari tubuh itulah yang akan ikut keluar bersama dengan keringat.

Minum air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan drainase limfatik. Drainase limfatik merupakan detoks yang membantu tubuh membuang racun dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan hidrasi
Minum air putih tentu bisa menghidrasi tubuh. Foto: Getty Images/fotostorm

Agar fungsi organ tubuh berjalan dengan baik, tubuh harus selalu terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi penting untuk menjaga temperatur tubuh, sekaligus membantu proses pencernaan makanan, hingga melancarkan sirkulasi darah.

Salah satu cara termudah untuk menghidrasi tubuh yaitu dengan banyak minum air putih. Minum air putih hangat menjadi cara terbaik memastikan tubuh terhidrasi di pagi hari.

4. Meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stress
Banyak minum air putih bisa meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stress. Foto: Getty Images/andreswd

Selain liburan atau istirahat, kamu juga bisa meningkatkan relaksasi serta menghilangkan stress dengan mengonsumsi air putih hangat.

Minum air putih hangat di pagi hari bisa menjadi ritual menenangkan yang memberi efek positif untuk memulai hari. Air hangat dapat menenangkan tubuh dan mengendurkan otot yang tegang.

Memulai hari dengan ketenangan juga dapat mengurangi stress dan kecemasan, meningkatkan fokus, dan menjaga emosi sepanjang hari.

5. Membantu mengatur berat badan
Rajin minum air putih bisa membantu mengontrol berat badan. Foto: Getty Images/fotostorm

Air putih merupakan minuman sehat yang tidak mengandung kalori maupun gula. Oleh karena itu, sebanyak apapun kamu minum, asupan kalori tidak akan bertambah.

Justru, minum air putih dapat menjaga dan mengurangi berat badan. Air putih dapat mengendalikan nafsu makan dengan menciptakan rasa kenyang. Dengan begitu memungkinkan seseorang terhindar dari makan berlebih di pagi hari.

Konsumsi air putih hangat juga dapat meningkatkan metabolisme. Akhirnya dapat membakar kalori dengan lebih efisien.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "5 Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur"