Hagia Sophia

28 July 2023

Sinead O'Connor Pelantun 'Nothing Compares 2 U' Meninggal di Usia 56 Tahun

Sinead O'Connor meninggal dunia. (Foto: Dok. Getty Images)

Sinead O'Connor meninggal dunia. Pemenang Grammy dan pelantun lagu hits 'Nothing Compares 2 U' ini tutup usia di 56 tahun pada Rabu (26/7/2023).

Penyanyi asal Irlandia itu meninggalkan tiga anaknya. Sementara putra Sinead O'Connor yang baru berusia 17 tahun, Shane, meninggal dunia di 2022.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinéad yang kami cintai meninggal dunia. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini," demikian pernyataan keluarga Sinead O'Connor, dikutip dari CNN, Kamis (27/7).

Sakit Apa?

Penyebab kematian Sinead O'Connor sejauh ini belum diungkap ke publik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dirinya berjuang melawan kecanduan dan gangguan kesehatan mental.

Apa yang dialaminya tersebut diceritakan dalam 'Rememberings' yang rilis di 2021. Gangguan kesehatan mental O'Connor juga dilaporkan bermula pada tahun 2000-an saat didiagnosis gangguan bipolar.

Dalam beberapa kali kesempatan manggung, di depan publik O'Connor bercerita bagaimana dirinya sempat melakukan percobaan bunuh diri dan didiagnosis dengan gangguan mental lain yakni post-traumatic stress disorder (PTSD) dan borderline personality disorder.

O'Connor sebelumnya memposting banyak pesan terbuka tentang kesehatan mentalnya di media sosial selama bertahun-tahun. Pada 2017 dia memposting video berdurasi 12 menit di Facebook berbicara tentang keinginannya untuk bunuh diri, dan baru-baru ini menulis tentang mendiang putranya Shane. Dalam postingan sosial terakhirnya, dia memanggil sang putra, 'cinta dalam hidupku, pelita jiwaku'.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sinead O'Connor Meninggal, Bertahun-tahun Berjuang Lawan Gangguan Mental"