Hagia Sophia

28 July 2023

Tips Atasi Sakit Perut, Baik Secara Alami ataupun Obat

Ilustrasi cara mengatasi sakit perut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jajah-sireenut

Sakit perut adalah kondisi tidak nyaman di organ tersebut yang bisa dialami anak-anak hingga dewasa. Dikutip dari tulisan berjudul Sakit Perut: Fungsional atau Organik? karya Dr dr Jeanette I Ch Manoppo, SpA (K) dari UNSRAT, sakit perut bisa bersifat akut dan kronis.

Kondisi sakit perut akut mungkin perlu bantuan medis dan bedah. Sedangkan pada sakit perut kronis bisa saja penyebabnya tidak berat, namun terus terjadi hingga membuat pasien khawatir. Gejalanya bervariasi misal kram, perut kembung, mual, muntah, diare, hingga sembelit.

Pada kondisi sakit perut diperlukan cara untuk meringankan gejala sehingga pasien bisa dibawa ke fasilitas kesehatan. Berikut penjelasannya

Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Penjelasan cara mengatasi ini merujuk pada meringankan gejala dan mencegah sakit perut. Setelah gejala membaik bisa segera ke dokter untuk penanganan lanjutan. Mengutip laman Healthline, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Konsumsi Jahe
Sejak dulu, orang-orang telah menggunakan jahe sebagai obat untuk segala macam penyakit, mulai dari rasa sakit hingga mual. Studi menunjukkan, jahe dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk beberapa kondisi sakit perut.

Jahe dinilai memiliki sifat anti inflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan. Untuk pengobatannya, kamu bisa membuat teh jahe dengan merebus potongan jahe segar dalam air panas.

2. Teh Chamomile
Cara mengatasi sakit perut secara alami selanjutnya yaitu mengonsumsi teh chamomile. Secangkir teh chamomile diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit perut dengan bertindak sebagai anti inflamasi.

Sifat anti inflamasi dalam chamomile dapat membantu otot-otot perut kamu rileks. Hal ini lah yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kram dan mual.

3. Daun Mint
Peppermint kerap disebut-sebut sebagai bahan alami yang mampu mengatasi mual dan sakit perut. Sebagai pengobatan, kamu bisa menyeduh secangkir teh peppermint atau kamu bisa langsung mengunyah daunnya.

4. Cuka Apel
Walaupun rasa dan baunya menyengat, siapa cuka apel bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi sakit perut. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan secangkir air dapat menjadi alternatif saat kamu sakit perut. Cuka apel juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5. Minum Air Hangat
Air hangat dapat membantu meredakan kram dan mengurangi ketegangan otot di perut. Minum segelas air hangat secara perlahan dapat membantu kamu menghilangkan perasaan tidak nyaman dan mengatasi kram di perut.

6. Konsumsi Pisang
Pisang mengandung pektin yaitu serat yang dapat membantu mengikat air dalam tinja dan mengurangi gejala diare. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, yang membantu mengatur keseimbangan elektrolit tubuh.

7. Yogurt Probiotik
Konsumsi yogurt yang mengandung probiotik diyakini dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora di saluran pencernaan, mengurangi risiko gangguan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan usus.

8. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengatasi infeksi dan meredakan gejala sakit perut yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

9. Kompres Hangat
Tempatkan kain hangat atau botol air hangat di perut yang terasa nyeri. Kompres hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit.

10. Perbanyak Serat
Serat dalam makanan membantu meningkatkan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya serat dapat membantu kamu mengatasi sakit perut secara alami.

11. Kayu Manis
Kandungan antioksidan dalam kayu manis membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko iritasi, dan kerusakan saluran pencernaan.

Zat lain dalam kayu manis seperti eugenol dan kamper dapat membantu mengurangi gas lambung, perut kembung, serta kram pada perut. Kamu bisa menambahkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam makanan sebagai pengobatannya.

12. Jus Lidah Buaya
Mengutip dari laman Medical News Today, zat dalam lidah buaya dinilai dapat meredakan sakit perut dengan beberapa cara, yaitu:
  • Mengatasi asam lambung
  • Meredakan peradangan
  • Menyeimbangkan bakteri pencernaan
  • Menstimulasi pergerakan usus yang sehat
13. Makan Nasi Putih
Nasi putih ternyata juga bermanfaat bagi penderita berbagai jenis keluhan perut. Ini dapat membantu dengan cara menambahkan massa ke feses, menyerap cairan yang mengandung racun, dan juga meredakan nyeri dan kram pada perut.

14. Diet BRAT
Pola makan BRAT terdiri dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toasted bread (roti panggang). Diet ini cocok untuk mengatasi sakit perut, mual, dan diare dengan memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Bantuan Obat

Obat sakit perut ada yang tersedia bebas atau Over The Counter (OTC) dan harus dengan resep dokter. Sebelum minum pastikan telah membaca aturan pakai, sesuai dosis, dan sesuai saran tenaga kesehatan.

Berikut beberapa obat yang dapat membantu kamu mengatasi sakit perut:

1. Antasida
Antasida adalah obat yang membantu menetralkan kelebihan asam lambung, meredakan gejala sakit perut akibat gangguan pencernaan, seperti refluks asam, maag, atau perut kembung.

2. Obat Antispasmodik
Jenis obat ini membantu meredakan kram dan ketegangan otot di saluran pencernaan. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi gejala sindrom usus iritabel (IBS) atau kram perut.

3. Obat Diare
Jika sakit perut disebabkan oleh diare, obat antidiare yang mengandung loperamide dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas buang air besar.

4. Obat Antiinflamasi Non-Steroid (NSAID)
Jika sakit perut disebabkan oleh peradangan, obat antiinflamasi non-steroid seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penyebab Sakit Perut

Sakit perut merupakan kondisi umum dimana ada berbagai penyebab yang memicu kondisi ini. Berikut diantaranya:

1. Gangguan Pencernaan
Salah satu penyebab umum sakit perut adalah gangguan pencernaan seperti gas, kembung, dan sembelit. Mengonsumsi makanan yang berlemak, berminyak, atau berkarbonasi dapat menyebabkan kondisi yang satu ini.

2. Infeksi Pencernaan
Infeksi bakteri atau virus dalam saluran pencernaan juga bisa menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan diare. Infeksi ini bisa terjadi karena makan atau minum makanan yang terkontaminasi.

3. Sindrom Usus Iritabel (Irritable Bowel Syndrome/IBS)
IBS adalah kondisi yang mempengaruhi saluran pencernaan dan dapat menyebabkan sakit perut, diare, sembelit, dan perubahan pola buang air besar.

4. Gastritis
Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut bagian atas.

5. Gangguan pada Organ Dalam
Beberapa masalah pada organ dalam seperti batu empedu, radang usus, atau infeksi ginjal juga dapat menyebabkan sakit perut.

6. Alergi atau Intoleransi Makanan
Reaksi alergi makanan atau intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut kembung dan sakit.

7. Stres dan Kecemasan
Beberapa orang dapat mengalami sakit perut sebagai respon terhadap stres atau kecemasan yang berlebihan.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Nah detikers, perlu kamu ketahui tidak semua sakit perut langsung memerlukan kunjungan ke dokter. Namun beberapa tanda berikut memerlukan perhatian medis segera:
  • Sakit perut yang sangat parah dan tiba-tiba.
  • Muntah berdarah atau tinja berwarna hitam.
  • Nyeri perut yang berlangsung lama dan semakin memburuk.
  • Demam tinggi dan nyeri perut yang hebat.
Jika gejala ini terjadi, jangan ragu segera berkonsultasi pada dokter. Semoga tulisan cara mengatasi sakit perut dan kapan harus ke dokter ini, dapat membantu kamu meringankan gejala yang yang dirasakan ya detikers.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "18 Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami dan Bantuan Obat, Ada Teh Jahe"