Hagia Sophia

06 October 2023

Awalnya Ingin Turunkan BB, Malah Sekarat Usai Operasi Bariatrik

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Seorang wanita asal Irlandia Leanne O'Driscoll (43) nyaris kehilangan nyawanya ketika menjalani prosedur operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan di Turki. Ibu tiga anak tersebut sebelumnya memiliki berat badan 106 kilogram.

Ia melakukan operasi bariatrik di Turki salah satunya adalah biaya yang jauh lebih murah. Di Irlandia ia memerlukan biaya hingga Rp 230 juta, sedangkan untuk di Turki hanya membutuhkan biaya Rp 40 juta.

Ketika menghubungi klinik tersebut, ia tidak ditanya perihal riwayat kesehatan. Leanne hanya ditanya nama, usia, dan berat badan. Setelah itu ia bersama ketiga temannya memutuskan untuk pergi ke Turki.

Setelah melakukan prosedur tersebut, Leanne mengaku merasa sangat tidak enak badan. Ia bahkan sampai mengalami muntah darah, namun perawat mengatakan bahwa hal tersebut normal terjadi.

"Mereka melakukan rontgen dan mengatakan semuanya baik-baik saja jadi saya bisa pergi," cerita Leanne dikutip dari The Sun, Rabu (4/10/2023).

Ketika pulang ke rumah, Leanne pingsan hingga dua kali. Salah seorang saudaranya memutuskan untuk membawa Leanne ke RS Universitas Limerick. Di rumah sakit tersebut, tim medis mengatakan bahwa Leanne mengalami infeksi serius.

"Mereka mengatakan kepada saya bahwa kerabat terdekat saya harus pergi ke rumah sakit karena saya sekarat. Saya mengira saya hanya pusing biasa karena dehidrasi, sebenarnya saya mengidap sepsis," jelas Leanne.

Terungkap bahwa rupanya ahli bedah di Turki itu sudah 'merobek limpa' selama prosedur namun tidak memberitahukan hal tersebut kepada Leanne.

"Mereka tidak memberi saya hal itu karena saya harus membayar ekstra agar limpa saya bisa diangkat untuk membuat saya tetap hidup," ucapnya.

"Tapi karena saya tidak membayar uang tambahan kepada mereka saat itu, karena saya tidak tahu hal itu akan terjadi. Mereka mengirim saya pulang untuk mati," sambungnya.

Kejadian tersebut harus membuat Leanne mengonsumsi antibiotik sepanjang hidupnya. Limpanya akhirnya diangkat di RS Universitas di Limerick dan ia menerima 6 liter darah. Pihak klinik di Turki membantah bahwa ahli bedah telah merobek limpanya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Demi Turun BB, Wanita Ini Malah Sekarat usai Operasi Bariatrik di Turki"