Hagia Sophia

06 October 2023

David Beckham: Sulitnya Idap OCD

David Beckham. (Foto: WireImage/Karwai Tang)

Mantan pemain sepak bola ternama asal Inggris, David Beckham, menceritakan perjuangannya melawan gangguan obsessive compulsive disorder atau OCD. Semua itu dibahas dalam serial dokumenter berjudul 'BECKHAM'.

Dalam serial tersebut, David Beckham mengatakan sangat menjaga kebersihan. Karena kondisi OCD yang diidapnya, ia sangat membenci kamar yang kotor dan tidak rapi.

Tak hanya itu, ia juga rutin membersihkan lilin saat semua keluarganya tidur dan menyalakan lampu pada pengaturan yang tepat. Ia menyebut gangguan yang dialaminya itu sangat membuatnya lelah.

"Ketika semua orang sudah tidur, saya kemudian berkeliling membersihkan lilin, menyalakan lampu pada pengaturan yang tepat," jelas David Beckham yang dikutip dari Mirror UK, Kamis (5/10/2023).

"Saya memastikan semuanya rapi karena saya benci turun di pagi hari dan ada cangkir, piring, dan mangkuk. Ini melelahkan," sambung dia.

"Melelahkan sekali berkeliling ke setiap lilin dan membersihkannya serta memotong sumbunya. Saya memotong sumbu lilin, saya membersihkan kaca, itulah kebencian hewan peliharaan saya, asap di sekitar bagian dalam lilin."

Apa Itu OCD?

Dikutip dari Mayo Clinic, OCD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang membuat seseorang memiliki pola pikiran dan ketakutan yang tidak diinginkan (obsesi) yang membuat Anda melakukan perilaku berulang (kompulsi). Obsesi dan kompulsi ini mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan tekanan yang signifikan.

Penyebab OCD ini belum sepenuhnya diketahui. Namun, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pemicunya, seperti:

Faktor biologi
OCD mungkin bisa disebabkan oleh perubahan kimiawi alami atau fungsi otak seseorang.

Genetik
Kondisi ini mungkin bisa disebabkan komponen genetik, tetapi gen spesifiknya belum dapat diidentifikasi.

Pengamatan dalam Waktu Lama
Ketakutan obsesif dan perilaku kompulsif bisa dipelajari dari pengamatan anggota keluarga atau dipelajari secara bertahap seiring berjalannya waktu.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Buka-bukaan David Beckham Sulitnya Idap OCD"