Hagia Sophia

02 October 2023

Akibat Panas Ekstrem, Surabaya Diperkirakan Akan Tembus 40 Derajat Celcius

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/krungchingpixs)

Cuaca panas ekstrem tengah melanda Indonesia. Bahkan beberapa kota diprediksi bakal tembus di atas 40 derajat celcius!

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cuaca panas yang terjadi belakangan ini, termasuk pengaruh El Nino. Fenomena El Nino adalah pemanasan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik yang memicu penurunan curah hujan global.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari situs AccuWeather yang diakses Minggu (1/10/2023), Surabaya akan mencapai suhu 42 derajat celcius pada 10-12 Oktober 2023. Sementara itu pada 13 Oktober, cuaca diperkirakan akan tembus 43 derajat Celcius.

Situs tersebut juga memprediksi suhu ekstrem di Semarang, Jawa Tengah. Suhu di kota tersebut diprediksi mencapai 40 derajat celcius pada 10 Oktober dan 13 Oktober 2023.

Sementara itu situs BMKG memperkirakan untuk wilayah Surabaya per 1-7 Oktober 2023, suhu akan berkisar 33-35 derajat Celcius di siang hari.

Mengenai cuaca panas yang terjadi di Indonesia, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan saat ini sebagian wilayah Indonesia bagian Selatan cenderung masih musim kemarau. Selain itu pertumbuhan awan yang minim memicu udara terasa kering di beberapa wilayah.

"Pemanasan sinar matahari cukup optimal yang terjadi pada pagi menjelang siang dan siang hari. Saat ini, posisi semu matahari (pada bulan September) berada tepat di atas khatulistiwa, sehingga penerimaan sinar matahari cukup merata di wilayah Indonesia termasuk di wilayah Jabodetabek," katanya kepada detikcom, Jumat (29/9).




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Panas Ekstrem Landa RI, Surabaya Diprediksi Bakal Tembus 43 Derajat Celcius!"