Hagia Sophia

04 November 2023

Benarkah Toge Bermanfaat untuk Kesuburan? Ini Penjelasannya

Foto: SCMP

Menurut berbagai mitos yang beredar di masyarakat, mengkonsumsi toge dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria dan mempercepat kehamilan bagi wanita.

Namun apakah manfaat toge untuk kesuburan hanyalah mitos semata ataukah fakta? Simak jawabannya di bawah ini, dan juga sejumlah fakta lainnya mengenai manfaat toge.

Manfaat Toge untuk Kesuburan Mitos atau Fakta?

Selain rasanya yang enak, masyarakat percaya bahwa mengkonsumsi toge dapat membantu dalam mencegah infertilitas. Infertilitas adalah gangguan kesuburan yang dapat membuat wanita mengali kesulitan hamil.

Nah apakah hal ini hanya mitos di kalangan masyarakat ataukah fakta? Manfaat toge untuk kesuburan adalah fakta. Hal ini bisa dibuktikan melalui beberapa penelitian yang sudah dilakukan.

Dikutip melalui jurnal Prosiding SEMNAS BIO 2023 UIN Raden Fatah Palembang, toge termasuk dalam antioksidan yang mengandung banyak vitamin A, C, dan E.

Toge juga mengandung sejumlah mineral seperti Mn, Zn, Cu, dan Se. Vitamin E yang ada pada toge berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan.

Penelitian membuktikan, bahwa makanan yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang ada di tubuh sehingga tidak mengganggu kualitas sperma dan sel telur.

Tidak hanya antioksidan saja yang baik dalam meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, melainkan vitamin lainnya yang terkandung dalam toge seperti vitamin B, folat, zinc, magnesium, dan selenium.

Kandungan vitamin B6 pada toge dapat mengatur hormon reproduksi wanita, sedangkan kandungan vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Berikut ini kandungan nutrisi pada toge dalam satu cangkirnya dikutip melalui laman WebMD:
  • Kalori: 31 gram
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 4 gram
Melihat dari kandungan nutrisi yang ada pada toge, memang benar bahwa kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

Namun, belum ada penelitian yang secara spesifik dilakukan mengenai manfaat toge untuk kesuburan. Hanya ada beberapa penelitian yang ditujukan kepada hewan bukan manusia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesuburan, ada baiknya tidak hanya mengandalkan toge saja.

Tapi, jika ingin mengandalkan toge, disarankan untuk mengkonsumsi toge dalam jumlah yang cukup, sekitar satu atau dua piring seharinya. Jika kamu bosan, kamu bisa mengganti toge dengan makanan lainnya.

Ada banyak makanan lainnya yang memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Makanan tersebut antara lain, ikan salmon, bayam, brokoli, kacang hijau, buah-buahan sumber vitamin C, kuning telur, buah delima, dan lain sebagainya.

Manfaat Toge Bagi Kesehatan

Selain bermanfaat bagi kesuburan, toge ternyata memiliki banyak manfaat lainnya loh bagi kesehatan! Berikut ini manfaat toge bagi kesehatan dikutip melalui buku berjudul Peluang Sukses Budidaya Toge (2022).

1. Membantu Melancarkan Pencernaan
Toge mengandung enzim dalam jumlah tinggi. Enzim ini dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga proses pencernaan lancar.

Selain itu, toge juga mengandung serat yang berfungsi dalam mengangkat kotoran sehingga mudah untuk melalui pencernaan. Serat ini juga akan merangsang asam lambung sehingga, enzim dapat terbantu mencerna makanan secara efisien dan efektif.

2. Meningkatkan Metabolisme
Enzim pada toge memiliki dampak yang serius bagi metabolisme tubuh. Selain itu, toge juga mengandung protein yang berperan penting dalam menjalankan fungsi kimia dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sirkulasi darah dapat ditingkatkan dengan cara mempertahankan jumlah dari sel darah merah. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengkonsumsi toge.

Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin yang terdapat pada toge dapat meningkatkan adanya oksigen sehingga kinerja tubuh optimal. Oleh karena itu, toge cocok dikonsumsi bagi penderita anemia.

4. Menurunkan Berat Badan
Toge adalah salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi namun rendah kalori. Ini artinya, jika mengkonsumsi toge, kamu tidak perlu khawatir tentang diet kamu. Toge juga mengandung serat yang membuat kamu merasa lebih kenyang dalam waktu lama.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain untuk kesuburan, toge juga bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh.

Toge mengandung asam lemak omega 3 yang baik dalam mengurangi kolesterol jahat. Asam lemak omega 3 juga dapat menjadi anti inflamasi alami karena mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, toge juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.

6. Sistem Imun Meningkat
Toge dapat dijadikan booster yang baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada toge berguna sebagai stimulan bagi sel darah putih ketika akan melawan penyakit dan infeksi.

Cara Meningkatkan Kesuburan untuk Cepat Hamil

Selain mengkonsumsi toge yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesuburan, ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan agar cepat hamil. Berikut ini caranya:
  • Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti sayuran, buah, ikan, susu, kacang-kacangan, dan daging.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Memiliki waktu tidur yang teratur, sekitar 7 sampai 9 jam setiap malamnya.
  • Hindari stres berlebih
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan meminum minuman mengandung alkohol.
  • Kurangi konsumsi kafein.
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa manfaat toge untuk kesuburan adalah fakta. Namun meningkatkan kesuburan ini terjadi karena toge memiliki banyak nutrisi yang baik dalam meningkatkan kesuburan. Demikian yang dapat detikHealth sampaikan.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Toge untuk Kesuburan, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya"