Hagia Sophia

04 November 2023

Curhat Atta Halilintar Idap Hernia Karena Olahraga Angkat Beban

Foto: instagram Atta Halilintar

YouTuber Atta Halilintar mengidap hernia. Dirinya sempat dirawat secara intensif di rumah sakit pasca mengeluhkan nyeri perut. Suami Aurel Hermansyah itu juga sebelumnya mengalami kram 'luar biasa'.

"Kemarin dari perut ke bawah, kram, perih, susah gerak. Alhamdulillah sekarang nggak harus tidur lebih lama di RS," beber Atta dalam akun Instagram pribadinya, seperti dilihat detikcom Jumat (3/11/2023).

"Menurut dokter hasil cek CT scan saya kena sakit hernia, tapi untungnya lemak bukan usus yang ke bawah," sambungnya.

Atta menduga hernia terjadi imbas kerap olahraga dengan intensitas berat. Seperti salah satunya olahraga angkat beban di gym.

Dirinya menyarankan agar selalu mengecek kesiapan fisik sebelum memaksakan berolahraga berat.

"Untuk teman hati-hati saat olahraga angkat berat, gym, dan lain-lain. Ada baiknya kita cek-cek kekuatan atau pake tali pinggang yang menahan perut," pungkasnya.

Hernia merupakan kondisi medis saat organ ke luar dari dalam tubuh melalui dinding otot atau jaringan di sekitar yang melemah. Umumnya, hernia terjadi pada perut dan pangkal paha.

Hernia perlu segera ditangani karena berisiko menyumbat aliran darah yang memicu kematian jaringan (gangrene). Kondisi tersebut dapat memperburuk kondisi pasien, bahkan fatalnya bisa menyebabkan kematian.

Apa Saja Pemicu Hernia?

Ada sederet faktor risiko yang bisa meningkatkan potensi terkena hernia seperti berikut:
  • Pertambahan usia.
  • Pernah mengidap penyakit hernia.
  • Mengangkat beban berat berlebih.
  • Berat badan berlebih (obesitas).
  • Sembelit kronis.
  • Pernah menjalani operasi pada bagian perut.
  • Batuk kronis. Kondisi ini biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan merokok.
  • Bayi yang lahir secara prematur atau memiliki berat badan lahir rendah (BBLR).
  • Pada kasus pria, umumnya gejala hernia yang sering ditemui meliputi pembengkakan pada selangkangan, rasa sakit pada benjolan saat benjolan membesar, sulit buang air besar, kembung, kemerahan pada tonjolan, benjolan hilang timbul atau menetap.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Atta Halilintar Curhat Idap Hernia, Ngaku gegara Angkat Beban saat Ngegym"