Hagia Sophia

10 November 2023

Dokter Ini Pingsan Usai Lihat Jenazah Anggota Keluarganya di RS Gaza

Jenazah di Gaza korban serangan Israel. (Foto: REUTERS/MOHAMMED SALEM)

Serangan Israel membuat banyak orang di Jalur Gaza kehilangan anggota keluarganya. Hal ini juga yang dialami seorang dokter yang kini bertugas sebagai dokter darurat, Iyad Shaqura.

Sebagai seorang dokter, Shaqura telah terbiasa melihat datangnya korban luka dan meninggal di rumah sakit di Khan Yunis. Namun, pada Senin malam (6/11/2023), semua itu berubah.

Shaqura pingsan setelah melihat jenazah kedua anaknya, ibu, dan kedua saudara laki-lakinya tiba di UGD. Keluarganya terbunuh akibat serangan yang menghantam rumah mereka di Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza.

Pada Selasa pagi (7/11), dengan mata berkaca-kaca Shaqura melihat untuk terakhir kalinya orang-orang yang dicintainya. Jenazah keluarganya mengenakan kain kafan putih dan ditempatkan di meja kamar mayat di ruang gawat darurat Rumah Sakit Nasser.

"Ibuku, Zeinab Abu Dayya, saudara laki-lakiku Mahmud dan Hussein Shaqura, saudara perempuanku Israa dan kedua anaknya Nabil dan Nur, dan kedua anakku Abdelrahmandan Omar," kata Shaqura sambil menunjuk jenazah keluarganya satu demi satu.

"Aku punya lima anak, tapi dia favoritku (Abdelrahman)," kata dia yang dikutip dari NDTV, Kamis (9/11/2023).

Ia menempelkan keningnya pada Abdelrahman yang berlumuran darah. Kemudian, ia beralih ke saudaranya yang sudah terbujur kaku.

"Apa yang mereka lakukan hingga berton-ton bom dan bahan peledak dijatuhkan di kepala mereka di rumah mereka?," katanya.

"Tuhan memanggil mereka kembali kepadanya seperti banyak anak-anak lain sebelum mereka," lanjutnya dengan nada pasrah.

Shaqura sendiri berasal dari keluarga pengungsi Palestina yang terlantar dari tanah mereka selama pembentukan Negara Israel pada tahun 1948.

"Jika musuh ingin memburu kami lagi, kami akan memberitahu mereka bahwa Tuhan telah menjanjikan kami salah satu dari dua hal: kemenangan di tanah kami yang telah dibebaskan atau dikuburkan di sana," kata Shaqura.

"Sekarang, saya akan menguburkan keluarga dan anak-anak saya, dan kembali bekerja," ungkapnya.

Ia kemudian memimpin ritual sholat jenazah di halaman rumah sakit, bersama rekan-rekan dan kerabatnya yang berdiri tegak di belakangnya. Sementara jenazah keluarganya dibaringkan di atas tandu di hadapannya.

Mayat mereka kemudian dibawa ke 'pemakaman martir' Khan Yunis. Dalam iring-iringan berjalan menuju pemakaman, Shaqura menggendong Abdelrahman, yang dia cium untuk terakhir kalinya di kepala.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter di Gaza Pingsan Lihat Jenazah Anggota Keluarganya Tiba di UGD"