Hagia Sophia

10 November 2023

Benarkah Minum Air Lemon Tiap Hari Bisa Turunkan BB?

Foto: iStock

Belakangan ini, minuman air lemon menjadi perbincangan hangat di internet karena diklaim kaya akan manfaat kesehatan. Terlebih, banyak influencer media sosial turut menganjurkan konsumsi minuman asam ini.

Banyak yang mengklaim bahwa air lemon dapat menurunkan berat badan, memperbaiki kulit, membantu pencernaan, dan menyeimbangkan pH tubuh. Beberapa klaim terkait air lemon ada yang terbukti secara medis, tetapi ada juga yang tidak.

Namun, apakah ramuan asam ini benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Lantas, apa sih manfaatnya?

Dikutip dari New York Post, berikut adalah manfaat meminum air lemon.

1. Sumber vitamin C yang baik
"Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, terutama saat kita memasuki musim pilek dan flu," kata Emily Tills, seorang ahli gizi diet terdaftar di New York.

Adapun vitamin C memiliki peran pentung dalam mendukung kesehatan otak, kulit, jantung, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga hidrasi tubuh
Seseorang mungkin tidak minum cukup air tiap harinya. Mengatasi kondisi itu, memasukkan potongan lemon dan sari lemon ke dalam minuman air putih dapat menambahkan mikromineral untuk meningkatkan level hidrasi tubuh.

Lemon juga menambah rasa pada air sehingga membuatnya menjadi alternatif minuman untuk mencukupi asupan air seseorang.

"Lemon menambah rasa pada air, yang dapat membuatnya menjadi alternatif yang menyenangkan untuk minuman berpemanis," kata April Wiles, seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di North Carolina.

Bagi mereka yang menginginkan versi yang lebih manis, Wiles menyarankan untuk menambahkan sedikit stevia atau buah monk.

Apa Risiko Meminum Air Lemon Setiap Hari?

Wiles menjelaskan bahwa meminum air segelas air lemon sekali atau dua kali dalam sehari tidak menjadi masalah. Namun, orang dengan masalah pencernaan seperti asam lambung harus waspada karena air lemon dapat memperburuk atau memperparah gejala.

Selain itu, Wiles menegaskan bahwa minum air lemon dalam jumlah yang berlebihan berpotensi merusak gigi seriring berjalannya waktu. Karena keasamannya, air lemon dapat mengikis enamel gigi sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Oleh sebab itu, ahli gizi Rachael Richardson menyarankan untuk mempertimbangkan campuran lain ke dalam air putih sebagai alternatir air lemon.

"Jadi saya sarankan untuk mengganti buah-buahan, rempah-rempah atau akar-akaran yang Anda gunakan untuk membumbui air Anda - dan jangan hanya memprogram satu kebiasaan sehat tanpa batas waktu," kata Richardson.

Dirinya juga memperingatkan bahwa tren mencampur kulit lemon yang sudah dihaluskan ke dalam air dapat menyebabkan peradangan parah dan masalah ginjal seperti nyeri sendi bagi sebagian orang.

"Sebagai gantinya, kupaslah lemon Anda dan gunakan kulitnya sebagai pengharum ruangan atau pembersih," sarannya.

Meskipun air lemon mungkin tidak sesuai dengan semua klaim kesehatan yang ada di internet, air lemon tetap menjadi minuman sehat yang bermanfaat bagi tubuh jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tren Minum Minum Air Lemon Setiap Hari, Betulan Ampuh untuk Pangkas BB?"