Hagia Sophia

10 November 2023

Salah Satu Pendiri Apple Dirawat di RS, Diduga Kena Serangan Stroke

Steve Wozniak (istimewa)

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, dirawat di rumah sakit di Mexico City pada Rabu (8/11/2023), dengan dugaan serangan stroke menurut media Meksiko. Namun mengacu pada laporan TMZ, Wozniak rupanya bukan terkena stroke, melainkan serangan vertigo yang disebut tidak terlalu berat.

Ilmuwan dan pengusaha teknologi berusia 73 tahun tersebut awalnya dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam acara Forum Bisnis Dunia di Santa Fe, di ibu kota Meksiko pada Rabu (7/11). Namun, penyelenggara acara belum memberikan komentar lebih lanjut. Tadinya, Wozniak dijadwalkan untuk berbicara dalam konferensi tersebut pukul 16.20 waktu setempat.

Juga dilaporkan, Wozniak sempat menyelesaikan pidatonya. Namun tak lama setelah itu, Wozniak mengatakan pada istrinya bahwa ia 'merasa aneh'. Imbas kondisinya itu, Wozniak bersikeras agar segera dibawa ke rumah sakit.

Diketahui, Wozniak mendirikan Apple Computer yang masih baru bersama mitra bisnisnya, Steve Jobs pada 1976. Mitranya itu dikenal sebagai investor terkenal dan CEO lama Apple, yang meninggal dunia pada 2011. Bisnis mereka mempelopori komputasi personal, kemudian berkembang dengan produk-produknya yang terkenal mahal di dunia berupa laptop, komputer dekstop, hingga telepon seluler.

Apa Itu Vertigo?

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, vertigo menyebabkan pusing dan membuat pengidapnya merasakan sensasi berputar. Pada bangak kasus, kondisi ini terjadi akibat masalah dengan telinga bagian dalam. Namun pasien juga bisa mengeluhkan vertigo akibat kondisi yang mempengaruhi otak, seperti tumor atau stroke.

Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari masalah kesehatan tertentu. Walhasil seringkali, vertigo muncul bersamaan dengan gejala lainnya berupa:
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Masalah keseimbangan
  • Gangguan pendengaran pada salah satu atau kedua telinga
  • Tinnitus (telinga berdenging)
  • Sakit kepala
  • Mabuk
  • Sensasi penuh di telinga
  • Nistagmus (kondisi yang menyebabkan mata bergerak dari sisi ke sisi dengan cepat dan tidak terkendali)





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pendiri Apple Steve Wozniak Masuk RS, Diduga Kena Stroke Pasca Vertigo"