Hagia Sophia

24 January 2023

Apa Jadinya Kalau Bayi Diberikan Kopi Sachet?

Ilustrasi viral bayi diberi minuman kopi saset, disebut sebagai pengganti produk susu kental manis. Foto: iStock

Viral video bayi diberikan kopi susu sachet di media sosial. Dalam video tersebut, kopi susu sachet diberikan sebagai pengganti susu kental manis (SKM).

"Bayi minum kopi G**d D*y kan ada susunya. Daripada dikasih susu F****n F**g katanya ndak ada susunya," demikian narasi dalam video yang beredar dikutip detikcom, Minggu (22/1/2023).

Dokter spesialis anak RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, dr Kurniawan Satria Denta, SpA menyebut tubuh bayi yang kecil bisa menyerap efek kafein pada kopi. Sehingga, kesehatan bayi akan terpengaruh meskipun dosis kafein yang masuk sedikit.

"Jadi nanti tuh bayi bisa jadi rewel, terus jantungnya berdebar-debar," kata dr Denta saat dihubungi tim detikcom, Senin (23/1/2023).

"Kayak kita lah orang dewasa kalau kebanyakan minum kopi jantungnya berdebar-debar. Cuma kalau bayi baru minum sedikit aja jantungnya sudah berdebar-debar," lanjutnya.

Selain memperberat kerja jantung, bayi yang mengonsumsi kafein juga berisiko mengalami gangguan pencernaan seperti BAB cair.

"Bayi jadi lebih aktif kan nggak bagus ya. Nanti jadi rewel, hiperaktif gitu," ujar dr Denta.

Efek Gula Berlebih

Selain menyoroti efek kopi, dr Denta juga menyinggung asupan gula baik pada kopi sachet maupun susu kental manis yang dalam konten tersebut saling diperbandingkan. Sama seperti kopi sachet, susu kental manis juga tidak boleh diberikan pada anak-anak karena kandungan gulanya tinggi.

"Kandungan gulanya tinggi. Buat orang dewasa aja nggak boleh, apalagi anak-anak," imbuh dr Denta.

Diungkapkan dr Denta, kandungan gula yang tinggi dalam SKM menyebabkan penyakit-penyakit pada anak seperti:
  • Obesitas
  • Malnutrisi
  • Gangguan pertumbuhan
  • Diabetes
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral di Medsos, Bisa Begini Jadinya jika Bayi Diberi Kopi Sachet"