Hagia Sophia

24 January 2023

Haaland Ciptakan 4 Hat-trick dalam 19 Pertandingan Liga Inggris

Erling Haaland sudah empat hat-trick dari 19 laga awal Liga Inggris (Manchester City FC via Getty Ima/Tom Flathers)

Erling Haaland menggila lagi usai mencetak hat-trick ke gawang Wolverhampton Wanderers. Itu adalah trigol keempatnya di liga musim ini.

Haaland jadi starter saat Manchester City menjamu Wolves di Etihad Stadium, Minggu (22/1/2023) malam WIB. Tak tanggung-tanggung, Haaland memborong seluruh gol kemenangan 3-0 tuan rumah.

Satu gol dibuat Haaland di babak pertama yang dilanjutkan dua gol di babak kedua, salah satunya lewat titik putih. Haaland pun sudah menaikkan jumlah golnya ke angka 25 dari 19 laga musim ini!

Catatan gol Haaland itu sudah melewati top scorer di empat musim terakhir Liga Inggris, sekaligus unggul 10 gol dari Kane sebagai pesaing terdekat.

Terkhusus hat-trick, Haaland sudah empat kali membuatnya musim ini. Dia jadi pemain tercepat yang melakukannya, mengalahkan rekor penyerang Manchester United di era 2000-an, Ruud van Nistelrooy, yang bikin empat hat-trick dari 65 laga. Beda jauh bukan?

Sebelum Wolves, tim-tim yang jadi korban trigol Haaland adalah Crystal Palace, Nottingham Forest, dan Manchester United. Dari total 25 gol, 18 gol dibuat Haaland di depan pendukung sendiri, melewati rekor 16 gol Sergio Aguero pada 2011/2012.

Dengan rasio gol seperti ini, kira-kira rekor apa lagi yang bakal dicatat Haaland di sisa musim ini? Sejauh ini pemain 22 tahun itu sudah bikin 30 gol di seluruh kompetisi.

"Statistiknya luar biasa. Dia mendedikasikan 24 jam dalam hidupnya untuk pekerjaan, profesi, hasrat, dan cinta. Dia tidak stress kok ketika segalanya berjalan baik atau buruk. Dia selalu stabil. Dia sudah sedih ketika kalah. Itu bagus kok," ujar Pep Guardiola di situs resmi klub.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Haaland Gila! Baru 19 Laga Liga Inggris, Sudah 4 Hat-trick"